Notification

×


Iklan

Dorong Kesejahteraan, Nelayan dan Istri Nelayan Karawang di Berdayakan Wirausaha

Thursday, July 16, 2020 | 14:01 WIB Last Updated 2020-07-16T07:01:28Z
Kementrian Perikanan dan Kelautan melalui Direktorat Jendral Perikanan Tangkap, gelar program pemberdayaan nelayan melalui kegiatan pengembangan dan diversifikasi usaha nelayan di Aula Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan, Kamis (16/7). Kegiatan yang di ikuti ratusan nelayan dan istri nelayan dari Tangkolak, Cemarajaya, Rawagempol Kulon, Sungai Buntu, Betok Mati dam Tanjung Pakis ini, sekaligus menghadirkan tim teknis untuk melatih kompetensi para nelayan, baik urusan mesin kapal hingga pengolahan hasil perikanan. 

Kepada pelitakarawang.com, Ratna Dini 
Kepala Seksi Pengembangan dan Diversifikasi Usaha Nelayan Kementrian Kelautan dan Perikanan mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu upaya 
untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur melalui usaha nelayan dan keluarganya. Sebab, nelayan itu tidak melulu di identikan dengan menangkap ikan, karena dalam setahun, nelayan itu ada masa paceklik dan cuaca yang tidak memungkinkannya untuk melaut. Karenanya, mengisi waktu-waktu itu, diharapkan para nelayan dan istrinya bisa meningkatkan pendapatannya lewat pengolahan hasil perikanan sehingga dengan memiliki alternatif usaha ini, bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan tidak surut saat musim paceklik. "Kita berdayakan usaha dan menumbuhkan semangat wirausaha. Sebab, tidak selamanya nelayan itu melaut, ada waktu-waktu tertentu masuk musim paceklik dan cuaca yang mengharuskannya untuk tidak melaut, " Katanya.


Ratna menambahkan, mensukseskan program ini, para nelayan bukan saja di berikan wawasan seperti sosialisasi regulasi, praktek pembuatan jaring/bubu hingga perbaikan mesin oleh Poltek Karawang, tetapi juga istri nelayannya di Bintek praktek olahan ikan yang menyesuaikan dengan potensi hasil tangkapanya. Mereka, sambungnya, diberikan materi dan pemberdayaan membuat abon ikan, Mpek-mpek rajungan dan kerupuknya lewat pemateri yang didatangkan dari wirausahawan dan pelaku UMKM binaan Pertamina PHE ONWJ. Tinggal nanti sebut Ratna, tindaklanjutnya adalah pembinaan dan pendampingan dari Dinas setempat untuk mendorong bersama soal pengemasan hingga pemasarannya.
"Tindaklanjut dari kegiatan ini diharapkan, penyuluh perikanan kedepan, bisa terus mendampingi mereka kaitan usahanya, " Harapnya.

Terakhir, ia berharap, dengan sosialiasi dan teknis di program ini, para nelayan dan istrinya bisa menyerap peluang usaha kedepan untuk bisa bisa meningkatkan usaha demu kesejahteraan dan pendapatannya. "Ya semoga kesejahteraan mereka semakin meningkat dan niatan untuk usaha demi peningkatan pendapatannya juga, bisa di aplikasikan setelah dua hari kita latih, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update