-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kabar Terbaru

Duh....BPNT Perluasan di Tarik Dua Bulan, Warga "Cuma" Dapat Sebulan Saja

Redaksi
, July 29, 2020 WIB Last Updated 2020-07-29T12:22:57Z
Penerima Kartu Bank BTN untuk perluasan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) lama menanti sembako berupa beras, daging ayam, telur, kacang dan buah-buahan. Lama tak turun dengan dalih sedang diproses, ternyata sembako dengan nominal Rp200 ribu perbulan itu, mengendap selama 105 hari sampai harus terdampak back list (Lambat Salur_red), akibatnya, dua bulan (Mei-Juni) calon penerima BPNT perluasan, harus gigit jari karena anggarannya sudah ditarik lagi Kemensos dan hanya bisa "Menggesek" pencairan untuk Juli 2020. Kondisi ini, akan kembali menjadi gejolak pemerintahan desa, karena menganggap pihak BTN tidak mampu bertindak cepat lazimnya BNI pada BPNT Reguler.

"Saya belum menjabat Kades setahun ini di kali kedua, tapi sangat cape terus-terusan berubah-ubah soal bantuan,  semntara masyarakat mah tidak mau tahu adanya perubahan maupun pengurangan. Bahkan, tuntutn mendapat Bansos zaman sekarang ini, jangankan  warga miskin atau miskin baru, org mampu pun menuntut hal yang sama karena alasan terdampak covid -19 alasannya, " Kata Kades Karang Tanjung Kecamatan Lemahabang, Juhari SH kepada pelitakarawang.com. (RD)

Foto : Hanya Ilustrasi saja

Dalam Hasil pertemuan Dinas Sosial dengan Bulog dan Bank BTN pada hari ini, Rabu tanggal 29 Juli 2020 adalah sebagai berikut : 

* Sepakat untuk pendistribusian perluasan program sembako  2020 untuk bulan juli dapat dilakukan mulai pada hari ini tanggal 29 Juli 2020, untuk itu rekan-rekan TKSK diharap memberitahukan kepada e-warong untuk pelaksanaan pendistribusian tersebut.

* KPM dengan KKS-Chip saat pertama kali belanja wajib membawa KKS-Chip untuk ditunjukkan kepada agen Bank penyalur Bansos (e-warong).

* Pembelanjaan oleh KPM dengan KKS-Chip sementara tidak dapat dilakukan melalui EDC dan hanya berlaku untuk senilai 1 (satu) bulan penyaluran atau senilai Rp. 200.000,-

* KPM wajib menyerahkan KKS-Chip kepada Bank melalui Agen Bank (e-warong) serta menandatangani di lembar formulir pembelanjaan dan menuliskan nominal dana bantuan yang dibelanjakan. Hal ini dimaksudkan sebagai bukti bahwa KPM telah menyerahkan KKS-Chip ke Bank melalui Agen Bank (e-warong) serta bukti telah berbelanja di e-warong.

* Agen Bank (e-warong) wajib menandatangani di lembar formulir pembelanjaan. Hal ini dimaksudkan sebagai bukti Agen Bank (e-warong) setuju telah terjadi pembelanjaan oleh KPM dan telah menerima KKS-Chip dari KPM serta untuk mencegah over debit transaksi disaat KKS-Chip telah dapat digunakan di mesin EDC.

* Agen Bank (e-warong) wajib mengirim dokumen kepada Bank BTN KC Karawang berupa :
- foto atau scan formulir pembelanjaan yang sudah diisi secara lengkap
- file ms.excel yang telah diisi informasi transaksi 
- foto KKS-Chip yang telah disimpan secara aman.

Dokumen dikirimkan oleh Agen Bank (e-warong) kepada Bank BTN KC Karawang melalui media elektronik selambat-lambatnya H+1 dari hari pembelanjaan dilakukan. 

* Bank BTN KC Karawang akan melakukan verifikasi dan konfirmasi atas dokumen yang diterima dari Agen Bank (e-warong) dan akan menyampaikan kepada Bank BTN Kantor Pusat (SQND) selambat-lambatnya H+1 setelah dokumen diterima dari Agen Bank (e-warong).

*Bank BTN Kantor Pusat (SQND) akan melakukan verifikasi dan menyampaikan kepada Bank BNI atas permohonan pembayaran dari pembelanjaan KPM di Agen Bank (e-warong) selambat-lambatnya H+1 setelah dokumen diterima dari BANK BTN KC Karawang

* Estimasi pembayaran berdasarkan informasi dari Bank BNI adalah selambat-lambatnya H+3 sejak dokumen diterima dari Bank BTN.

* Terkait permasalahan Kartu hilang, Kartu rusak, PIN  tidak tercetak, salah PIN atau PIN terblokir dan lain sebagainya, pihak Bank BTN akan membuka layanan tersendiri di Kantor Cabang Karawang sebanyak 50 KPM perhari, Kantor Kas dan Kantor Cabang Pembantu sebanyak 10 KPM perhari.

* Agar dapat diketahui oleh rekan-rekan TKSK realisasi hanya satu bulan untuk Juli 2020, sementara untuk bulan april-juni dana ditarik kembali oleh Kemensos karena melebihi batas waktu 105 hari dana mengendap di Bank.
Komentar

Tampilkan

  • Duh....BPNT Perluasan di Tarik Dua Bulan, Warga "Cuma" Dapat Sebulan Saja
  • 0

Terkini