Notification

×

Iklan

Mahfud MD Akan Serahkan 12 Nama Calon Anggota Kompolnas ke Jokowi

Saturday, July 18, 2020 | 03:08 WIB Last Updated 2020-07-17T20:08:18Z

Menteri Koordinator Bidang Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD segera menyerahkan 12 nama calon Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ke-12 calon tersebut, terdiri dari unsur kepolisian dan tokoh masyarakat.

Mahfud mengatakan, ke depan diharapkan Kompolnas dapat membantu pemerintah mempercepat dan memperbaiki kerja-kerja kepolisian. Para calon dipastikan sudah melalui seleksi ketat.

"Mereka ini sudah melalui 5 jenis seleksi, administrasi, tertulis, assesment, kesehatan, wawancara sehingga nanti diharapkan bisa membantu Presiden melalui Menko Polhukam untuk mempercepat dan memperbaiki lagi kinerja kepolisian," ujarnya di Kantor Menko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat Jumat (17/07/2020).

Kemenko Polhukam, menurut Mahfud, telah membentuk tim seleksi yang berisi 9 orang. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki kapabilitas di bidangnya masing-masing dan tidak diragukan lagi penilaiannya.

"Tim seleksi ini orang-orang yang kredibel semua, kami percaya mereka menyeleksi dengan baik dan obyektif," ujar mantan ketua Mahkamah Konstitus (MK) ini.

Mahfud memaparkan, para komisioner Kompolnas seharusnya sudah berganti sejak Mei lalu. Hal tersebut tertunda akibat pandemi virus corona (Covid-19).

"Karena ada pandemi jadi ditunda sedikit, meskipun sebenarnya sudah disiapkan jauh sebelum pandemi. Bahkan anggota Kompolnas yang lama juga sudah menghadap Presiden untuk memberikan laporan akhir tugas," tuturnya.

Dari 12 nama calon Anggota Kompolnas yang diajukan ke Presiden, Mahfud mengatakan, nantinya akan terpilih 6 orang. Komposisi dari 6 orang itu yakni 3 orang dari unsur Kepolisian dan 3 orang dari tokoh masyrakat untuk menjadi anggota Kompolnas periode 2020-2024.

Berikut 12 nama calon Anggota Kompolnas tersebut:

Unsur Kepolisian:

1. Benny Mamoto

2. Eko Hadi Sutedjo

3. Pudji Hartanto Iskandar

4. Supardi Hamid

5. Albertus Wahyurudhanto

6. Arief Wicaksono Sudi Utomo

Unsur masyarakat:

1. Sri Nurherawati

2. Yosep Adi Prasetyo

3. Yusuf

4. Junaedi Saibih

5. Muhammad Dawam

6. Poengky Indarti

×
Berita Terbaru Update