Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kabar Terbaru

Menteri Agama Tiadakan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Tahun Ini, Begini Alasannya

Redaksi
, July 29, 2020 WIB Last Updated 2020-07-28T18:28:33Z

Renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dinyatakan telah rampung 100 persen oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Basuki juga menyebut bahwa Masjid Istiqlal sudah siap untuk diresmikan sebelum Idul Adha tahun ini.

"Saya dan Imam Besar Masjid Istiqlal bersepakat dan berjanji kepada Bapak Presiden Joko Widodo supaya Masjid Istiqlal bisa digunakan saat Idul Adha," jelas Basuki pada 23 Juli 2020 lalu. "Alhamdulillah ternyata bisa."

Meski demikian, Masjid Istiqlal tidak akan menggelar Salat Idul Adha 1441 H tingkat kenegaraan. Menurut Menteri Agama Fachrul Razi, salat Idul Adha belum memungkinkan digelar di Masjid Istiqlal belum mengingat perkembangan pandemi corona saat ini.

Menteri AGAMA

"Mencermati perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia, khususnya DKI Jakarta, Istiqlal tidak akan menggelar Salat Idul Adha 10 Zulhijah 1441 H," terang Fachrul pada Senin (27/7). Fachrul menjelaskan bahwa salat Idul Adha di Masjid Istiqlal selama ini diikuti puluhan ribu jemaah.

Hal tersebut, tutur Fachrul, akan menyulitkan penerapan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Sebagai contoh, proses pengecekan suhu tubuh akan membutuhkan waktu yang cukup lama karena jumlah jemaah bisa mencapai puluhan ribu.

"Prosesnya juga tidak mudah karena akses keluar masuk juga harus dibatasi seiring penerapan protokol kesehatan," tutur Fachrul. "Sehingga potensi kerumunan sangat tinggi."

Meski renovasi Masjid Istiqlal sudah selesai, Fachrul menyatakan bahwa pandemi corona masih belum berakhir. Fachrul pun berharap agar pandemi ini dapat segera berakhir, sehingga masyarakat bisa kembali beribadah di rumah ibadah dengan nyaman.

Di sisi lain, Kementerian Agama sendiri telah mengizinkan salat Idul Adha digelar di masjid atau tempat terbuka. Namun, salat berjamaah harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menghindari zona merah corona.

Sementara itu, sidang isbat yang digelar Kementerian Agama pada 21 Juli 2020 menetapkan bahwa 1 Zulhijjah 1441H bertepatan 22 Juli 2020. Sehubungan dengan itu, salat Idul Adha akan digelar pada 31 Juli 2020.**

Komentar

Tampilkan

  • Menteri Agama Tiadakan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Tahun Ini, Begini Alasannya
  • 0

Terkini

avatar
Pelita Karawang Selamat Datang Di Situs Berita Pelita Karawang
Admin Assalamu'alaikum! Hello, Ada Yang Bisa Kami Bantu?
:
Chat WhatsApp