Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan mengumumkan dukungan terhadap pasangan calon (Paslon) di Pilkada 2020 dalam gelombang kedua pada pekan ini.

Namun, apakah pengumuman tersebut adana nama anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Gibran Rakabuming?

"Pengumuman secara terbatas melalui teleconference akan dilakukan pada hari Jumat, 17 Juli 2020. Pasca diumumkan, setiap paslon wajib mengikuti sekolah partai guna memperkuat pemahaman terhadap ideologi Pancasila, kebijakan legislasi dan anggaran, tata pemerintahan yang baik dan bersih, program kerakyatan berbasis Trisakti Bung Karno, strategi pemenangan pemilu berbasis gotong royong, komunikasi politik, dan berbagai perspektif kepemimpinan visioner berdasarkan best practices dari kepala daerah PDI Perjuangan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/7/2020).

Lanjutnya, ia mengatakan PDIP telah menyelesaikan rekomendasi di daerah basis mereka. "PDI Perjuangan sudah menyelesaikan rekomendasi di daerah basis, dan kini fokus kami menyelesaikan rekomendasi daerah klaster III, yaitu daerah dengan perolehan kursi di bawah 10%," ujarnya.

Sementara itu, untuk daerah yang kurang memiliki kursi, ia mengaku partainya akan bekerja sama dengan parpol lain.

Bahkan, ia menyebut sejumlah partai politik yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin***