Ditlantas Polda Metro Jaya meminta seluruh masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor untuk melengkapi kelengkatapan berkendara dan tertib dalam berlalu lintas. Pasalnya, mulai besok Ditlantas Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Patuh Jaya di Ibu Kota membuat pihak kepolisian meminta warga untuk bisa melengkapi kelengkatapan berkendara. Selain itu, diminta juga untuk tertib dalam berlalulintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan ribuan personel yang tergabung dalam bebeberapa satuan kerja dan siap menindak para pengguna jalan yang melakukan pelanggaran lalulintas. “Kita tetap fokus ke-15 pelanggaran yang menjadi rawan kecelakaan,” katanya Minggu (19/7/2020).

Dia menegaskan, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan kawasan rawan pelannggaran. Maka pada Senin besok anggota sudah siap disebar ke lokasi-lokasi tersebut. “Anggota sudah siap dan kami harap masyarakat juga bisa lebih tertib berlalulintas bila tidak ingin ditilang,” tegasnya.(Baca: Catat! Mulai Pekan Depan Polisi Tindak 15 Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Ini)

Terpisah, Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri menuturkan, penindakan akan dimulai pada pagi hari dan dilakukan sepanjang hari. “Dasar penindakan tegas ini memang karena pelanggaran sudah meingkat sejak PSBB transisi dilakasanakan,” tuturnya.(Baca: Ban Pecah, Mobil Pengangkut Belasan Kambing Kurban Alami Kecelakaan di Tol Jagorawi)

Menurutnya, apa yang dilakukan jajarannya adalah untuk kembali meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas. Harapannya, setelah penindakan tegas ini pelanggar lalulintas juga bisa berkurang.**