Notification

×

Iklan

Serap Pajak Kendaraan, Kades Minta Samades Hadir di Cilamaya Wetan

Tuesday, July 14, 2020 | 15:01 WIB Last Updated 2020-07-14T08:01:59Z
Samsat Masuk Desa (Samades) baru dibuka layanan pembayaran pajak kendaraan di Kantor Desa Lemahabang Kecamatan Lemahabang, itupun masih nebeng di depan gerbang. Memudahkan akses layanan bayar pajak lebih dekat, kades-kades di Kecamatan Cilamaya Wetan meminta Bapenda Jawa Barat (Samsat) perluas layanan Samades, termasuk di Kecamatan Cilamaya Wetan. 


"Jika melihat Wajib Pajak sampai 20.015 unit di Cilamaya Wetan dan akses bisa lebih dekat, mengapa tidak Samsat bikin Samades di Cilamaya Wetan, urusan tempat mah gampang, bisa kok di Kantor Kecamatan juga, asalkan gak jauh-jauh warga sini ke Lemahabang, menunggu mobil keliling, apalagi ke kantor Samsat yang jauh di kota, " Kata Kades Rawagempol Kulon, H Siradj di sela sosialisasi Bapenda Jabar di Cilamaya Wetan, Selasa (14/7).

Kapolsek Cilamaya Kompol Sutedjo mengatakan, kalau memang Samades ribet ajuannya, demi memudahkan akses pelayanan lebih dekat, mobil Samsat keliling minimalnya harus selalu di agendakan ke Kecamatan Cilamaya Wetan, sehingga bisa menghandle wajib pajak dari Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan dan Banyusari. Karena, bagaimanapun, sebut Tedjo, akses yang lebih dekat sangat mempengaruhi serapan setoran pajak tepat waktu masyarakat Cilamaya, utamanya yang KTMDU dan KBMDU, apalagi Samades di Wadas juga saat ini selalu penuh dan antre setiap harinya. "Kalau prosedurnya lama untuk pengadaan Samades, ya minimal mobil keliling untuk pajak kendaraan itu bisa sampai Ke Cilamaya wetan secara rutin, " Pintanya.

Menyikapi itu, Kasie Pemerimaan dan Penagihan Bapenda Jawa Barat Wilayah Karawang (Samsat) Yuyun Yuniardi M.si mengatakan, harapan pengadaan samades bisa di upayakannya hadir di Cilamaya Wetan, hanya memang butuh proses yang panjang karena harus ke Provinsi langsung, sementara untuk mobil keliling samsat, hanya ada dua unit dan memang sejauh ini tidak masuk ke Cilamaya Wetan, tetapi melihat semangat bayar pajak dan dukungan para Kades, pihaknya akan berupaya menjadwal kendaraan Samsat keliling itu minimal 2 kali dalam sebulan hadir ke Cilamaya Wetan. "Samades bisa kita ajukan tapi prosesnya lama, untuk mobil Samsat keliling kita juga akan upayakan masuk ke Cilamaya Wetan, " Katanya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update