Sebanyak 224 siswa baru resmi diterima dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di MTs Ghoyatul Jihad, Telagasari, Karawang, sejak Rabu kemarin (1/7). MTs yang berlokasi di Desa Pasirtalaga ini, selalu menjadi pilihan favorit sekolah berbasis religi bagi orang tua dan para lulusan SD/MI.


Kepala Sekolah MTs Ghoyatul Jihad, Oyok Abdurahman S.Ag mengatakan, pendaftaran di sekolahnya sudah dibuka sejak 15 April sampai 15 Juni kemarin dan pada 22 - 27 Juni dilakukan verifikasi pemberkasan dokumen, sementara pengumuman kelulusannya di publikasikan pada Rabu kemarin. MTs Ghoyatul Jihad sendiri, sebut Oyok, mentargetkan kuota sebanyak 224 pendaftar dengan 7 kelas. "Dari masing-masing kelasnya 32 murid dan alhamdulillah, kuota terpenuhi, tidak ada lemparan maupun buangan," sambung Oyok.

Namun, meski dengan kuota yang terpenuhi, hal tersebut tak sebanding dengan jumlah rombel maupun sarana dan prasarana yang memadai. "Sampai saat ini untuk bangunan, sarana dan prasarana amat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas di sekolah kita," tuturnya.

Dirinya pun meyayangkan partisipasi pemerintah kabupaten Karawang. Sebab, kebijakan pembangunan untuk sekolah swasta berbasis pendidikan agama, dinilainya masih minim. "Murid banyak, fasilitas yang ada amat sangat kurang, seperti perpustakaan, ruang komputer dan gedung serba guna," jelas Oyok.

Oleh karenanya, ia pun berharap, agar pemerintah maupun stake holder terkait bisa lebih memperhatikan keberadaan sekolah swasta berbasis agama, seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Aliyah (MA). "Karena subsidi fisik untuk kita selama ini masih sangat terbatas," ungkapnya. (Rd)