Notification

×


Iklan


9 Lembaga Pendidikan Islam Raih Apresisasi Praktik Baik dari Kemdikbud-Kemenag

Tuesday, August 25, 2020 | 18:46 WIB Last Updated 2020-08-25T11:46:46Z
Pandemi Covid-19 ikut mengubah aktivitas pembelajaran di Indonesia. Untuk menekan penularan Covid-19 di lingkungan pendidikan, Pemerintah mengambil kebijakan pembelajaran sementara dilakukan secara Dalam Jaringan (Daring). 
Empat bulan berselarang, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) memberikan apresiasi atas Praktik Baik yang dilakukan lembaga pendidikan dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi.
Ada 19 lembaga yang dirilis Kemendikbud sebagai penerima apresiasi: 2 lembaga tingkat PAUD/RA, 5 lembaga tingkat dasar, 7 lembaga tingkat menengah, 1 pesantren, dan 4 lembaga pendidikan atas. Dari jumlah itu, sebanyak 10 lembaga adalah lembaga pendidikan Islam, yaitu madrasah dan pondok pesantren.
Praktik Baik yang diberi apresiasi ini berupa video praktik pembelajaran berdurasi maksimal dua menit. Ada dua kategori praktik yang diapresiasi, yaitu BDR (Belajar Dari Rumah); dan Pembelajaran Tatap Muka.
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A Umar mengapresiasi madrasah dan pesantren yang telah ikut serta mengirimkan praktik baik di tempat mereka masing-masing. Menurutnya, video itu bisa menginsprasi lembaga pendidikan lain yang juga sedang terkena pandemi ini.
"Sejak awal, saya selalu mengajak madrasah untuk berani mencoba dan menjadikan setiap kompetisi sebagai budaya mutu madrasah," terangnya di Jakarta, Selasa (25/08).
Apresiasi senada disampaikan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono. "Bergerak dan berpresatasi di tengah pandemi adalah 'sesuatu' dan pembuktian bahwa pesantren sangat adaptif dan berkarakter," tuturnya.
Lembaga pendidikan yang memperoleh apresiasi akan diberikan penghargaan dari Kemdikbud dan Kemenag.**red
Berikut madrasah dan Pondok Pesantren yang yang mendapatkan Apresiasi:
Kategori Belajar dari Rumah (BDR)
1. RA Muslimat NU 015 Kauman, Ponorogo, Jawa Timur.
2. MI Miftahul Alhlaqiyah Semarang, Jawa Tengah.
3. MIN 1 Pekanbaru, Riau.

4. MIN 2 Kota Tangerang Selatan, Banten
5. MTSN 6 Bantuk, Yogyakarta
6. MAN 1 Kota Bekasi, Jawa Barat

Kategori Pembelajaran Tatap Muka:
1. MTS Sunan Pandanaran Sleman, Yogyakarta.
2. MTSN 5 Kuningan, Jawa Barat.
3. Dayah Babussalam Al Hanafiyyah, Aceh Utara.
×
Berita Terbaru Update