Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada Sabtu ini, 22 Agustus 2020.

Hujan Deras

Dihimpun dari informasi BMKG, Jakarta, Sabtu, hujan lebat tersebut berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga menuturkan hujan badai berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah.

BMKG mengatakan adanya potensi angin kencang di Aceh, Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan.

Sementara potensi kebakaran hutan terdapat di Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan.

BMKG memberikan peringatan adanya potensi gelombang tinggi di sejumlah area perairan di Nusantara, yakni di Aceh, Bengkulu, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat agar memperhatikan risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan agar tetap selalu waspada.***