Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, menilai kehadiran kepala daerah perempuan masih sangat sedikit.
"Politik di kalangan kaum perempuan sangat minim. Selain ini, kalau ini saya lihat dari webinar yang ada yang akan jadi (kepala daerah) itu hanya berapa orang ya," kata Megawati dalam sekolah partai PDI-P secara virtual, Jumat (21/8/2020).
Kendati demikian, ia meminta para perempuan yang menjadi bakal calon kepala daerah yang diusung PDI-P berjuang mati-matian agar terpilih di Pilkada 2020.
Megawati Soekarnoputri
Ia meminta para bakal calon kepala daerah perempuan yang diusung PDI-P menunjukkan kualitasnya.
Megawati juga mengatakan, kehadiran perempuan dalam politik sangat penting seiring tingginya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang menyasar kaum hawa dan anak-anak.
Terlebih, menurut Megawati, pada masa pandemi Covid-19, semakin banyak kasus KDRT yang menyasar perempuan dan anak-anak.
"Persoalan perempuan seperti yang tadi saya katakan itu sangat mengganggu pikiran saya. Akibat Covid makin terbuka yang namanya KDRT di perempuan dan anak," ucap Megawati.
"Coba Bapak-bapak tolong pikir ya. Kalian kan punya istri, punya anak perempuan, dilindungi dengan baik. Bukannya dipukul. Itu yang harus diperhatikan," kata Presiden kelima RI itu.***