Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Di Verifikasi PSM, Data BST Pertanian Tetap Itu Lagi, Itu Lagi, Kades : Siapa Tanggungjawab?

Redaksi
Tuesday, August 25, 2020, 14:34 WIB Last Updated 2020-08-25T07:34:45Z
Bantuan Sosial Tunai (BST) Pertanian tahap 4 dan 5 siap cair pekan ini. Bansos yang menuai kontroversi data antara Kementrian Pertanian dengan Kementrian Sosial ini, sempat di verifikasi ulang oleh Pemerintah Desa bersama PSM paska pencairan tiga tahap sekaligus sebelumnya. Namun, upaya pendataan ulang untuk menghindari data "ganda", nampaknya sia-sia. Menyusul, pihak Pos kembali mengeluarkan surat undangan pencarian/distribusi tahap ke 4 dan 5 Bansos Pertanian, merupakan data lama, sementara data baru non ganda yang di usulkan PSM, entah kemana parkirnya. 

TKSK Cilamaya Wetan Bersama Kades

"Yang jelas Dinas Sosial Karawang tidak pernah menerima data hasil verifikasi ulang dari PSM maupun desa. Silahkan tanya ke Desa dan PSM, diberikan pada siapa dan intansi mana data baru bansos pertanian itu di usulkan ulang? "Kata Ketua TKSK Cilamaya Wetan, Iwan Badarudin kepada pelitakarawang.com Selasa 24/8.

Urusan bansos pertanian data baru dan lama ini, memang seharusnya ada di tiga intansi, selain Arsip juga ada di Dinas Pertanian dan Dinas Sosial, tapi kenyataannya memang Dinsos tidak pernah menerima data terbaru soal hasil verifikasi ulang itu. Sementara, sejak hari Minggu, Pos Giro sudah mengirimkan lagi calon penerima BST Pertanian yang ternyata datanya masih itu-itu juga. Karenanya, ia sebagai TKSK meminta sikap dari Ikatan Kepala Desa (IKD) dan atau APDESI, bagaimana soal bansos pertanian yang datanya ternyata tidak banyak perubahan seperti sebelumnya ini. "Surat undangan sudah datang lagi, data lama itu-itu juga, hasil verifikasi PSM kemana larinya dan siapa bertanggungjawab? " katanya.

Kades Muara Ato Sukanto merasa geram, menyusul data bansos pertanian ternyata masih saja yang diturunkan data yang lama. Apa artinya pendataan verifikasi yang dilakukan desa dan PSM, sementara mereka sudah memilah, mana yang ganda dan mana yang berhak. Sebab, yang lama saja masih banyak persoalan, ini muncul lagi menambah masalah. "Jengkel saya mah, sudah di verifikasi data di usulkan lagi, yang datang itu lagi-itu lagi, masa iya kita mau nyalahin PSM, kan data ajuannya sudah di laporkan, " Katanya kesal.

Kekesalan serupa juga diungkapkan Kades Tegalwaru Aruji Ajam Atmaja,
Alhamdulillah yang tidak disangka-sangka Bansos Pertanian mau Cair lagi, 
Tapi sangat di sayangkan dan di Sesalkan, data yang telah di veripikasi ulang oleh THL Pertanian, PSM dan Pemdes atas Perintah Dinas Pertanian cq Ppl, ternyata hasil veripikasi terbaru yang keluarnya masih data lama. Padahal, hasil verifikasi itu adalah menghindarkan penerima Bansos Dobel, orang kaya atau tidak layak. "Sudah di ganti dengan yang baru, dan diminta lagi langsung syarat -syaratnya ke bersangkutan sebagai pengganti,dan di pastikan dapat bansos(bagi yang baru), eh ternyata keluar data yang lama lagi.  Ada kemungkinan PPL, Gapoktan, dan Desa banjir protes lagi, " Keluhnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pertanian Cilamaya Wetan, Wasma belum bisa dikonfirmasi terkait data lama penerima Bansos Pertanian ini, begitupun saat hendak ditemui di rapat Minggon Kecamatan di Desa Muara, yang bersangkutan tidak hadir karena ada undangan rapat di Dinas. (Rd)
Komentar

Tampilkan

  • Di Verifikasi PSM, Data BST Pertanian Tetap Itu Lagi, Itu Lagi, Kades : Siapa Tanggungjawab?
  • 0

Terkini