Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Guru Honorer Direncanakan Dapat Subsidi Gaji Rp600 Ribu Per Bulan

Redaksi
Tuesday, August 25, 2020, 01:45 WIB Last Updated 2020-08-24T18:45:12Z

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah membuka kemungkinan untuk memberikan subsidi gaji kepada guru honorer. Jumlah yang diberikan sama dengan subsidi kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta yaitu Rp600 ribu per bulan.

Demo Honorer

Menurut dia, pemberian subsidi gaji kepada guru honorer ini tengah dibahas oleh kementerian terkait yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Ada isu guru honorer dimasukkan dalam daftar penerima manfaat, baik yang sudah terdaftar di dalam BP Jamsostek dan saat ini di dalam proses penyempurnaan melalui database di Kemendikbud maupun KemenPAN-RB," kata dia dalam rapat dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin, 24 Agustus 2020.

Meski begitu, Sri Mulyani tidak menjelaskan secara rinci mengenai subsidi gaji kepada guru honorer ini. Begitu pula terkait mekanisme penyalurannya, apakah akan sama seperti subsidi gaji bagi pekerja swasta yang ditransfer ke rekening penerima sebesar Rp1,2 juta sebanyak dua kali.

Untuk subsidi gaji bagi pekerja, Sri Mulyani menyebut akan diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada pekan ini. Saat ini Kementerian Keuangan sudah menetapkan anggarannya dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) agar bisa segera dilakukan pencairan.

"Ini akan dilakukan dalam dua kali transfer dan Kemenaker sudah keluarkan Permenaker dan DIPA sudah diterbitkan, sehingga mulai 24 Agustus sudah mulai bisa disalurkan untuk yang tahap pertama," jelas dia.

Subsidi gaji ditargetkan kepada 15,7 juta pekerja yang terdaftar di BP Jamsostek. Kriteria yang ditetapkan adalah pekerja/buruh penerima upah, terdaftar sebagai peserta aktif BP Jamsostek sampai dengan Juni 2020, tenaga kerja aktif yang membayar iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp5 juta, dan memiliki rekening bank aktif.*

Komentar

Tampilkan

  • Guru Honorer Direncanakan Dapat Subsidi Gaji Rp600 Ribu Per Bulan
  • 0

Terkini