Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Guru Honorer Pasti Dapat Bantuan 600 Ribu , Tapi Harus Penuhi Ini ...!!

Redaksi
Tuesday, August 25, 2020, 20:52 WIB Last Updated 2020-08-25T13:55:45Z
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan DPR menyebut, saat ini pemerintah tengah melakukan pengkajian mengenai penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) kepada karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta.
Upah Honorer Cuma 300 rebu
Pengkajian yang dimaksud yakni untuk pegawai honorer atau pegawai di instansi pemerintahan non Pegawai Negeri Sipil (PNS), di antaranya guru.
Adapun proses pengkajian bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB).
Rencananya, guru honorer yang terdaftar sebagai peserta aktif program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada BP Jamsostek per Juni 2020 akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu untuk empat bulan.
Selain itu pegawai tersebut harus yang berpenghasilan kurang dari Rp 5 juta dan memiliki nomor rekening.
"Data kepesertaan BP Jamsostek dan instansi terkait yang merupakan sumber datanya juga ada isu seperti guru honorer yang dimasukkan di dalam mereka yang mendapatkan manfaatkan ini.
"Baik yang sudah terdaftar di dalam BPJS Ketengakerjaan maupun yang sekrang sedang di dalam proses penyempurnaan melalui database yang ada di Kemendikbud maupun Kemen PANRB," terang Sri Mulyani dalam video yang diunggah kanal YouTube Kompastv, Senin (24/8/2020).Sejalan dengan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengatakan, sudah ada 1,9 juta pegawai honorer yang tercatat akan mendapatkan bantuan.
Ida Fauziah merinci, dari total 15,7 juta penerima BLT, 13,8 juta orang merupakan pekerja swasta yang memiliki upah di bawah 5 juta.
Sedangkan sisanya merupakan pegawai honorer non-PNS yang tidak menerima gaji ke-13.
"Awalnya 13,8 juta pegawai swasta dengan upah di bawah 5 juta kemudian setelah kami koordinasi lintas kementerian dan lembaga kami juga memberikan kesempatan pada pegawai kesempatan pada pegawai pemerintah non-PNS," ujar Ida Fauziah pada Tribunnews.com.
Untuk diketahui, anggaran yang disediakan untuk BSU yakni sekitar Rp 37,87 triliun dan sudah dikeluarkan dalam bentuk dokumen anggaran (DIPA).
Bantuan tersebut rencananya disalurkan melalui transfer langsung sebanyak dua kali kepada penerima manfaat.
Sri Mulyani menyebut, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) tentang pedoman pemberian bantuan sudah selesai dibuat.
"Untuk ini dilakukan transfer langsung dalam dua kali penyaluran, jadi berbeda dengan banpres (bantuan presiden) produktif, yang ini adalah dua kali transfer."
"Dan untuk ini Kementerian Ketenagakerjaan sudah mengeluarkan Permenaker-nya dan DIPA sudah diterbitkan," kata Sri Mulyani.
Penyebab BLT Rp 600 Ribu Ditunda untuk Subsidi Gaji Karyawan, Menaker Ida Fauziyah Beri Penjelasan
Pemerintah menunda penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) kepada karyawan yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta.
Padahal, sudah ada 15,7 juta pekerja yang ditetapkan untuk menerima bantuan subsidi upah.
Sebelumnya, bantuan itu pun akan dijadwalkan pada 25 Agustus 2020 ini.
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, menjelaskan alasan melakukan penundaaan penyaluran tersebut.
Menurut Ida, harus dilakukan pengecekan kembali terhadap data yang diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).
"Kalau di juknisnya (petunjuk teknis) waktu paling lambat 4 hari untuk melakukan check list."
"Jadi 2,5 juta (pekerja batch pertama ) kami mohon maaf butuh kehati-hatian untuk menyesuaikan data yang ada," ujar Ida di Jakarta, Senin (24/8/2020), dikutip dari Kompas.com.
Kendati demikian, Menaker memastikan penyaluran subsidi gaji karyawan untuk tahap pertama sebanyak 2,5 juta pekerja bakal disalurkan Agustus ini.
"Kami butuh waktu, 2,5 juta itu bukan angka yang sedikit. Kami memang menargetkan bisa dilakukan transfer itu dimulai dari akhir bulan Agustus ini," kata dia.***
Komentar

Tampilkan

  • Guru Honorer Pasti Dapat Bantuan 600 Ribu , Tapi Harus Penuhi Ini ...!!
  • 0

Terkini