Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Hambat Bansos Lain, Pendamping Desa Ini Kritik JPS Pemkab Yang Baru Cair Sekali

Redaksi
Tuesday, August 25, 2020, 14:57 WIB Last Updated 2020-08-25T07:57:22Z
 Sejak awal penganggaran dengan istilah refocusing dan terbitnya Jaring Pengaman Sosial (JPS) Pemkab Karawang Rp300 ribu/bulan per KPM, sudah bermasalah. Sempat muncul pedasnya wacana interlpasi DPRD, merupakan dinamika politis bahwa anggaran penanggulangan Covid-19 dibawah kendali Pemkab, hampir gagal. Muaranya, puluhan ribu masyarakat Karawang yang terdata menerima JPS atau Bansos Pemkab, digantung kejelasan distribusinya yang sampai saat ini baru cair sekali. 

Syukron, Pendamping Desa Kecamatan Cilamaya Wetan

"JPS ini perlu ada SK Bupati, dari awal saya sudah katakan anggaran ini akan bermasalah, buktinya sekarang terjadi, alih-alih refocusing, di saat bansos lainnya turun dengan lancar dan deras, justru JPS Pemkab baru nongol sekali, ada apa? " Kata Pendamping Desa Kecamatan Cilamaya Wetan, Syukron kepada pelitakarawang.com Selasa (24/8).

Istilah lain, dengan belum terdistribusinya bansos Pemkab ini, "Ngagokan" pada bansos jenis lainnya, termasuk, sebut Syukron, BLT dari Dana Desa. Sejak awal, BLT DD itu peruntukannya sudah jelas, payung hukum dan tahapannya juga jelas, sehingga penerima itu adalah masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan belum tercover bantuan lainnya, termasuk JPS Pemkab. Sekarang, tandas Syukron, ketika JPS Pemkab tak turun-turun, mereka ingin di masukan ke BLT DD via Musdesus bisa saja dilakukan revisian, masalahnya, sambungnya sudah sejauh mana kejelasan JPS Pemkab, apakah sudah terbit SK Bupati untuk pencairannya? Atau anggarannya sudah ready secara rill ? Kan yang terdampak dan banyak menanti adalah mereka yang baru mendapatkan satu tahap. "Kasihan mereka, semua bansos deras cair, yang ini baru sekali saja cair. Bahkan sampai detik ini, saya juga belum menerima gambaran sedikitpun apakah bansos Pemkab itu bisa cair berlanjut atau tidak, " Pungkasnya. (Rd)
Komentar

Tampilkan

  • Hambat Bansos Lain, Pendamping Desa Ini Kritik JPS Pemkab Yang Baru Cair Sekali
  • 0

Terkini