Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Karawang akan menggelar pertandingan silat berbeda dari biasanya. Sebab, ditengah pandemi wabah virus corona perlu memperhatikan imbuan pemerintah. Namun IPSI tetap melaksanakan apa  yang menjadi keharusan dalam membina atlit silat yang tangguh dan prestasi.

Pertandingan itu berupa Liga Pencak Silat tingkat kabupaten. Biasanya pertandingan selesai dalam hitungan hari. Akan tetapi sekarang memerlukan waktu hingga 3 bulan. 

Liga pencak silat rencananya pelaksanaan itu dilaksanakan tanggal 11 Oktober hingga final tanggal 27 Desember 2020.

Ketua IPSI Karawang, H. Acep Jamhuri melalui wakilnya Rizki Aminudin, mengatakan liga pencak silat pertama kalinya digelar. Hal demikian, dikarenakan kondisi saat ini pandemi covid-19 sehingga kejuaraan pencak silat tidak mengundang massa cukup tinggi.
Pencak silat

"Maka itu, melalui liga pencak silat mengurangi tingkat kerumunan massa yang datang ke lokasi pertandingan," kata Rizki.

Ia mengatakan,  lokasi pertandingan akan dibagi menjadi dua tempat. Adalah wilayah Timur di GOR Jatisari dan wilayah Barat di GOR Panatayudha. Tiap paguron mengirimkan atlitnya untuk mengikuti pertandingan. Satu paguron diperbolehkan mengirimkan dua tim putra dan putri. Dengan usia 16 tahun sampai 19 tahun. Mengacu pada peraturan Porda.

"Yang akan dipertandingkan kategori tanding.  Untuk putra Kelas A sampai E. Sedangkan untuk putri kelas A sampai C," kata Rizki.

Lanjutnya,sistem pertandingan mirip pertandingan sepak bola liga champion. Pendaftaran dibuka tanggal 28 Agustus hingga akhir September 2020.

"Kejuaraan prestasi tersebut untuk mensosialisasikan pencak silat kepada masyarakat Karawang.  Juga untuk menggugah semangat masyarakat ikut latihan pencak silat," pungkasnya.***