Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman memastikan bahwa seluruh struktur, kader dan simpatisan PKS akan total memenangkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung dan didukung oleh PKS. Dukungan total dan militansi dari struktur dan kader PKS ini adalah sebuah tradisi yang ada dalam PKS.
Presiden PKS
“Kami ingin tegaskan bahwa komitmen untuk mengusung dan mendukung. InsyaAllah PKS tidak akan mengingkarinya. PKS betul-betul akan mendukung paslon yang sudah ditetapkan. Sekali pimpinan menetapkan insyaAllah seluruh kader akan melaksanakan apa yang menjadi putusan tersebut,” ujar Sohibul Iman dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (29/8/2020).
Ia meminta, agar pasangan calon tidak perlu risau dengan komitmen PKS dalam memenangkan pasangan yang didukung pada Pilkada tahun ini. Ia menyebut, proses pemenangan bukan hanya satu partai atau relawan yang berperan tapi semua pihak yang tergabung dalam koalisi.
“Kepada paslon jangan khawatir, kader dan struktur PKS akan berjuang sekuat tenaga bersama bapak-ibu sekalian,” tuturnya.
Keseriusan PKS dalam memenangkan Pilkada 2020 juga ditunjukkan di 15 Pilkada yang PKS tidak memiliki kursi di DPRD daerah tersebut. Meski tidak memiliki kursi, PKS memiliki tanggung jawab moral dan konstitusional untuk menyukseskan setiap kontestasi demokrasi termasuk Pilkada.
Sohibul menyebut di 15 wilayah yang PKS tidak memiliki kursi, tim koalisi paslon masih melihat PKS sebagai mitra koalisi pemenangan yang signifikan sehingga PKS diminta untuk mendukung.
“InsyaAllah kader-kader PKS meski tidak memiliki kursi di 15 daerah itu adalah kader yang militan. Mesin PKS adalah mesin yang solid. Meski tidak bisa menggenapkan persyaratan kursi tapi PKS akan menggenapkan kemenangan Pilkada di daerah tersebut,” ungkapnya.***