Ditengah pandemi corona yang masih menghantui ini, membuat pegiat literasi terus bergerak melakukan terobosan-terobosan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satunya memberikan pelatihan "Reading Aloud" secara gratis kepada 25 relawan baca yang tergabung dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kab. Karawang.


Dengan meminjam tempat di pelayanan perpustakaan Kabupaten Karawang pelatihan tersebuta diadakan dengan mengikuti protokol kesehatan covid-19. Dalam sambutannya Siti Sobiroh Pustakawan Perpustakaan Kab. Karawang mengatakan "menyambut baik kegiatan Forum TBM Karawang, dan akan terus memberikan suport kepada seluruh pegiat literasi yang berada di kab Karawang".

Selain itu beliaupun menyampaikan visi misi dan memperkenalkan perpustakaan kepada peserta pelatihan reading aloud.

Sinta Gisthi Ardhiani, pemateri Reading Aloud mengatakan, syarat Reading Aloud adalah; "ada yang membaca, ada yang dibaca dan ada yang dibacakan"

"Manfaat reading aloud bagi si anak adalah: mau membaca, lancar membaca, gemar membaca, menambah kosa kata, paham makna kosakata, dan dapat meningkatkan motivasi dalam bercerita." imbuhnya.

Nadiatul umah Pengurus Daerah Forum TBM Kab. Karawang mengatakan "butuh keterampilan khusus untuk melakukan Reading Aloud,  maka diberikannya pembekalan kepada 25 relawan ini,  agar dapat membantu anak-anak belajar di TBM masing-masing**