Notification

×

Iklan

Ridwan Kamil : Harus Bangga Jadi Orang Karawang

Saturday, August 15, 2020 | 22:20 WIB Last Updated 2020-08-15T15:47:47Z
Masyarakat Karawang harus bangga menjadi orang pribumi karena menjadi pewaris sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang akan dikenang sepanjang masa. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam sambutanya di Kegiatan "Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebhinekaan" di Plaza Pemda Karawang, Sabtu (15/8/2020) pagi.

"Bagaimana tidak bangga menjadi orang Karawang? Bung Karno dan Bung Hatta memilih Rengasdengklok untuk mematangkan proklamasi. Tidak akan ada Indonesia jika tidak ada peristiwa Rengasdengklok," kata Kang Emil sapaan akrabnya.

Kang Emil meminta masyarakat Karawang senantiasa  menjaga persatuan dan kebhinekaan yang selama ini menjadi ciri dan karakter masyarakat Indonesia. Kebhinekaan merupakan ajaran luhur nenek moyang bangsa Indonesia yang harus  dilestarikan dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Ia menegaskan, pihaknya bertekad untuk menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi yang penuh toleransi dan menjadi rumah dari keberagaman. Kegiatan Silaturahmi Kebhinekaan ini akan terus digelar di berbagai kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.
Ridwan Kamil

"Jika Indonesia ingin lestari, mari jaga Pancasila, jaga NKRI, dan jaga Kebhinekaan. Perbanyak dialog, perbannyak mencari persamaan untuk pengikat persatuan ketimbang mencari perbedaan untuk dipertengkarkan," ucapnya.

Sementata itu, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengatakan, toleransi bagi masyarakat Karawang merupakan budaya yang telah tumbuh lama dalam kehidupan sehingga kerukunan dan keamanan menjadi komitmen semua pihak.

Kirab

Menurutnya, manusia itu diciptakan berbeda-beda dan berlomba-lomba berbuat kebaikan. Hal ini menjadi dasar bahwa keragaman merupakan sebuah anugerah yang harus disikapi dengan bijak. Jika tidak, maka perbedaan tersebut akan menjadi pemantik suatu musibah. Untuk itu harus dipahami dan diyakini bahwa Kebhinekaan adalah kekuatan untuk mempersatukan.

"Sudah sepatutnya keberagaman harus dibanggakan dan dirayakan, bukan dijadikan dasar untuk memecah belah dengan memunculkan kebencian dan kebohongan demi kepentingan suatu pihak," tegas Bupati**
×
Berita Terbaru Update