Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres) Habib Luthfi bin Yahya, mengatakan tujuan Kirab Merah Putih dan Silaturahmi Kebhinekaan yang diadakan di Karawang adalah untuk menyatukan masyarakat. Hal tersebut dikatakanya pada sambutan saat mengunjungi sejumlah rumah ibadah seperti Masjid, Gereja, Pura, Vihara dan Klenteng di Karawang.

Bupati,Ridwan Kamil, Habib

Dengan kirab merah putih itu, lanjut dia,  diharapkan masyarakat dapat meningkatkan rasa memiliki Merah Putih sebagai simbol negara.

"Ada tiga hal yang ditekankan dalam merah putih, tidak hanya simbol tanpa makna. Di dalamnya ada kehormatan bangsa, harga diri bangsa dan jati diri bangsa," kata Habib Lutfi,  Sabtu (15/8/2020) pagi.

Pesan damai

Habib Luthfi menerangkan, sudah tidak boleh saat ini masyarakat diributkan dengan isu perbedaan. Sebab lanjut dia, dunia saat ini sudah memikirkan tentang kemajuan, bukan lagi memperdebatkan perbedaan.

"Bangsa Indonesia terdahulu sudah pandai dan berpikiran ke depan. Mereka bisa membuat candi Borobudur, Prambanan, Masjid Agung dan lainnya dengan hebat. Kenapa sekarang kita justru ketinggalan dan masih meributkan perbedaan. Untuk itu, dengan silaturahmi kebhinekaan ini, mari kita sadar tentang pentingnya menjaga persatuan bangsa," ujar dia.***