177 Kepala Desa di Karawang akan berakhir masa jabatannya pada 23 Maret 2021 mendatang. Meskipun belum ada kepastian pelaksanaan Pilkades di tahun 2020, ada hal yang lebih penting bagi para Kepala Desa petahana yang berniat "Nyalon Lagi" yaitu Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) inspektorat yang harus tuntas selama menjabat 5 tahun terakhir. Intansi ini, sudah menyebar surat kepada semua Kades dan pemerintahan desa, agar mempersiapkan pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (AMJ) sebelum SK habis masanya. 

ilustrasi saja

"Pelaksanaan pemeriksaan dari Inspektorat sekitar bulan Oktober,  kebetulan di Kecamatan Tempuran ada 10 desa yang akan di periksa akhir jabatannya. Kita arahkan agar semua Kades persiapkan diri, kaitan berkas, administrasi, dokumen dan pertanggungjawaban lainnya, " Kata Sekretaris Camat Tempuran, Komarudin kepada pelitakarawang.com, baru-baru ini.

Senada dikatakan Plt Camat Lemahabang, Artha. Ia sampaikan bahwa AMJ ini penting diketahui para Kades yang akan mengakhiri masa jabatannya. di Lemahabang, ada 5 desa yang SK Kadesnya habis 23 April mendatang, yaitu Desa Ciwaringin, Karyamukti, Pasirtanjung, Waringinkarya dan Pulomulya. Untuk itu, ia berharap kepada Kades termasuk para sekdes, perhatikan betul LHP setiap tahun persentasenya. Jangan sampai ada temuan baik tunggakan pajak, laporan aset yang belum di tuntaskan hingga keuangan. Khususnya sekdes, sambung Camat, ini penting untuk mengamankan laporan dan administrasi agar bisa sempurna di desanya. "Ini penting, perhatikan setiap LHP tahunannya, sebab AMJ ini yang diperiksa nanti seluruhnya selama menjabat Kades, jangan sampai berakhir jabatan tapi masih ada temuan, " Ungkapnya. 

Art
Artha Plt Camat Lemahabang
Kepala DPMD Agus mengatakan, pelaksanaan Rikus AMJ akan mulai digelar di 177 desa pada 1 Oktober 2020. Semua kegiatan pemerintahan desa dalam satu priode jabatan, akan di periksa seluruhnya, mulai anggaran transfer desa, aset desa, keuangan, hingga kelembagaan desanya. Oleh karenanya, ia harapkan 177 Desa ini persiapkan diri kelengkapanmya sejak saat ini. "Insya Allah pelaksanaan pada 1 Oktober startnya, nanti jadwal di tentukan kemudian pihak inspektorat di desa masing-masing, " Pungkasnya. (Rd)