Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Survei Capres 2024, Ridwan Kamil Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

Redaksi
Saturday, August 22, 2020, 01:36 WIB Last Updated 2020-08-21T18:36:10Z

Meski masih jauh, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah mulai diperbincangkan. Bahkan berbagai lembaga survei sudah sejak awal melakukan survei untuk mencari tokoh-tokoh yang berpeluang maju.

Ridwan,Anis dan Ganjar

Tiga nama santer disebut dan berpeluang menjadi calon presiden (capres) 2024. Ketiganya yaitu Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Lembaga survei Indikator Politik pada Juli lalu melakukan survei dan merilis hasilnya. Dalam survei elit tersebut, nama Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, terus menempati posisi teratas penilaian para responden.

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhandin Muhtadi mengatakan, meski pemilihan Presiden 2024 masih lama, ada sejumlah nama disebut-sebut bisa atau dianggap pantas menjadi Presiden periode selanjutnya.

Penilaian "bisa" atau "pantas" tersebut antara lain didasarkan pada pertimbangan karakter personal, terutama soal kompetensi, integritas, dan akseptabilitas tokoh di kalangan publik.

"Untuk akseptabilitas, Ridwan Kamil lebih tinggi skornya (7.2), disusul oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang keduanya memperoleh nilai 7.1," ujar Burhanudin dalam keterangan tertulisnya, Jumat 21 Agustus 2020.

"Lagi-lagi selisih di antara mereka sangat kecil. Posisi keempat diduduki oleh Sandiaga Salahuddin Uno dengan skor 6.9," tambahnya.

Dalam soal integritas, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama kuat dengan skor 7.2. Mahfud MD menyusul di bawah mereka (7.1) dan Ganjar Pranowo berada pada posisi keempat (7.0). Selisih di antara empat tokoh ini sangat kecil.

"Anies Baswedan mendapat nilai tertinggi dalam soal kompetensi (7.3), disusul oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil yang sama-sama mendapat skor 7.2. Selisih mereka sangat kecil. Mahfud MD menempati urutan keempat dengan nilai 6.9," terangnya seperti ditulis wartawan PR, Novianti Nurulliah.

Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7.2. Diikuti oleh Ganjar Pranowo (7.1), Mahfud MD (6.9) dan Sandiaga Salahuddin Uno (6.8).

Sementara itu pada aspek kepemimpinan terkait penanganan wabah, survei tersebut menyebut kemampuan pemimpin pemerintahan daerah cenderung mendapat penilaian lebih positif ketimbang pemerintah pusat,diukil Pelitakarawang.com dari laman Galamedia.

"Mereka dipandang lebih peka terhadap krisis, lebih responsif, berani mengalokasikan sumberdaya. Bahkan mampu berkomunikasi dengan masyarakat, dan mampu berkordinasi dengan seluruh aparat," ungkapnya.

Indikator mencatat Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil semuanya unggul di kalangan usia <= 40 tahun. Pemilih Anies Baswedan terutama datang dari kalangan LSM/Ormas, akademisi dan media massa.

"Ganjar Pranowo dari pengusaha dan media massa, sementara Ridwan Kamil utamanya didukung media massa dan akademisi." jelas Burhanudin.

"Berdasarkan proporsi pemilih, Anies Baswedan memiliki basis kuat di kalangan LSM/Ormas, Ganjar Pranowo kalangan pengusaha, dan Ridwan Kamil media massa," tandasnya.***

Komentar

Tampilkan

  • Survei Capres 2024, Ridwan Kamil Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo
  • 0

Terkini