Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengatakan sudah tidak ada lagi daerah yang masuk zona merah COVID-19 di kawasan Jabar. Ia berharap kondisi tersebut harus dipertahankan dengan terus menerapkan protokol kesehatan di semua wilayah.

"Daerah di Jawa Barat tidak ada yang masuk zona merah (COVID-19)," kata Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu seperti dilansir Antara, Rabu (5/8/2020).

Kang Emil juga mengatakan perlu diwaspadai bagi warga yang berpergian ke daerah lain terutama daerah yang sudah masuk zona merah. Karena Jawa Barat diakui Kang Emil, mayoritas daerahnya memiliki zona risiko COVID-19 rendah tertinggi di Indonesia.

"Mayoritas darah di Jabar itu zona risiko rendah tertinggi di Indonesia yaitu mencapai 88 persen," katanya.

Untuk itu, Kang Emil meminta dalam beberapa hari ke depan sektor pendidikan di Jawa Barat, terutama yang berada di Daerah zona hijau bisa kembali dibuka, khususnya untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

"Sektor pendidikan perlahan mulai kita buka kembali, namun tentunya harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat," katanya.**