Deputi Kepala BKKBN dr Eni Gustina MPH resmikan Kampung KB Sehati di Desa Tambak Sumur Kecamatan Tirtajaya, Rabu (30/9). Didampingi plt Kepala DPPKB dan Camat Tirtajaya, Mantan Kepala Puskesmas Rawamerta era Ahmad Dadang tersebut "pulang kampung" sambil menengok kualitas keluarga lewat media Kampung KB yang sukses di Karawang.

"Kampung KB merupakan sarana pengkatan kualitas keluarga. Kampung KB bukan saja milik program KB namun merupakan tempat aktipitas semua program untuk peningkatan kesejahtetaan masyarakat" Katanya.

dr Eni juga mengapresiasi gagasan Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana untuk membentuk Kampung KB di semua desa dan kelurahan di Karawang. Ia berharap, peran serta dan dukungan pemerintah kecamatan dan desa guna mewujudkan program yang di inisiasi presiden Joko Widodo tersebut, " Kami apresiasi program ini, ayo pemerintah Kecamatan dan Desa sama-sama mensukseskan program yang di inisiasi Presiden Jokowi tersebut, " Katanya.

Sementara itu, Plt kepala DPPKB Karawang, Sofiah, SH memaparkan bahwa target kampung KB hingga akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati adalah terbentuknya kampung KB di 309 desa dan kelurahan. "Seharusnya akhir tahun ini tercapai, namun situasi pandemi covid19 mengakibatkan hingga Maret tahun ini baru terdapat 210 kampung KB yang diresmikan" ujarnya. 

Namun demikian sambungnya, ada beberpa kampung KB yang mungkin sudah terbentuk, tapi belum sempat diresmikan, "Sehingga pihaknya masih mendata berapa kampung KB yang sudah terbentuk hingga saat ini, " Katanya. 
Deputi Kepala BKKBN Saat Peresmian Kampung KB di Tambak sumur Kecamatan Tirtajaya

Sementara itu, Sekretaris Camat Tirtajaya, Dulah bertekad mewujudkan 11 kampung KB di wilayahnya, "sementara ini di Tirtajaya baru terbentuk 6 kampung KB, termasuk yang diresmikan ibu Deputi kepala BKKBN, dan ini merupakan kebanggaan buat kami", tutur Dulah.

Dalam kunjungannya ke karawang kali ini, Deputi kepala BKKBN berkesempatan hadir pada kegiatan pelayanan KB Metode Operasi Wanita (MOW) yang dilaksanakan atas kerjasama DPPKB Karawang dengan RS Rosela karawang dan dilaksanakan kegiatannya setiap hari Rabu. (Rd)