Notification

×

Iklan

Evaluasi Pilkada 2020, DPR Gelar Rapat dengan KPU-Bawaslu-Mendagri

Thursday, September 10, 2020 | 22:10 WIB Last Updated 2020-09-10T15:10:41Z

Komisi II DPR RI menggelar rapat kerja dengan Mendagri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Kamis (10/9/20).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Saat membuka rapat, Doli mengatakan rapat itu penting lantaran untuk mengevaluasi tahapan pilkada serentak 2020 yang telah dan sedang berlangsung.

Terutama dalam aturan penegakan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Evaluasi tahapan pelaksanaan pilkada serentak, teruma implementasi berkaitan dengan prokotkol covid-19 terhadap seluruh tahapan," kata Doli di Ruang Rapat Komisi II DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/20).

Berdasarkan pengamatan Komisi II, Doli menyoroti tahapan pendaftaran paslon pilkada pada 4-6 September lalu. Pada tahapan itu terjadi banyak pelanggaran protokol kesehatan.

"Kita memonitor tanggal 4 sampai 6 September adalah pendaftaran calon. Kita melihat banyak pelanggaran dari pelaksanaan penerapan protokol covid-19," ujar Doli.

Di sisi lain, Doli menilai positif antusiasme yang ditunjukkan masyarakat dalam menyambut pilkada 2020. Namun, ia menegaskan keselamatan seluruh pihak yang terlibat pilkada menjadi utama maka dari itu harus ditegakkan protokol kesehatan yang ketat.

Bawaslu

"Kita imgin menndengarkan langsung dari bapak kemendagri, KPU, dairi Bawaslu dan DKPP terhadap situasi di lapangan yang terjadi dan bagaimana langkah-langkah untuk mengantisipasi sehingga tahapan pilkada berjalan dengan baik," kata Doli.

Turut hadir secara fisik Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Ketua DKPP Muhammad.

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian hadir secara virtual.***

×
Berita Terbaru Update