Ditjen Pendidikan Islam Kemenag membuka pendaftaran Shortcourse Akreditasi Jurnal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), negeri maupun swasta. Pendaftaran dibuka dari 2-12 September 2020.
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim mengatakan, jurnal merupakan nafas PTKI. Jurnal menjadi barometer produk atau hasil kajian dan riset PTKI dalam merespon problematika keilmuan dan sosial sekaligus menawarkan solusinya. “Riset yang bagus dan berkualitas tidak akan memberi kontribusi penting jika tidak terpublikasikan dan tersebarkan secara luas. Oleh karenanya, hasil riset mutlak untuk diterbitkan," papar Arskal di Jakarta, Jumat (04/09).
“Riset apapun yang tidak merujuk kepada jurnal yang mutakhir dan relevan, akan kehilangan signifikansi dan kebaruannya. Oleh karenanya, perlu ada upaya serius menghasilkan jurnal berkualitas yang dikelola secara profesional dan mampu menerbitkan artikel berbobot serta berkelanjutan,” lanjut guru besar UIN Jakarta ini.
Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Suwendi, mengungkapkan shortcourse akreditasi jurnal ini akan dilakukan secara daring dengan membuka dua klaster. Pertama, Shortcourse Jurnal Internasional Bereputasi (Scopus) dan/atau Sinta 1 (JIBS) yang bertujuan meningkatkan rangking jurnal menuju jurnal internasional bereputasi (Scopus) dan/atau Sinta 1. Klaster ini akan merekrut 75 jurnal. 
Kedua, Shortcourse Pendampingan Akreditasi Jurnal (PAJ) yang bertujuan untuk melakukan percepatan akreditasi jurnal yang belum terakreditasi. Klaster ini menampung 100 jurnal.
Saat ini, jurnal PTKI yang terindeks di Moraref (ministry of religious affairs reference) sebanyak 2.228 buah dengan 61.805 artikel, dan 72.790 penulis. Dari jumlah ini, yang telah terakreditasi Sinta sebanyak yaitu 768 atau baru 35,63%.
“Dari yang terakreditasi, paling banyak berada di posisi Sinta 4, yaitu sebanyak 259 jurnal. Disusul Sinta 3 sebanyak 174 jurnal, Sinta 5 berjumlah 171 jurnal, Sinta 2 berjumlah 132 jurnal dan Sinta 6 sejumlah 127 jurnal. Akreditasi Sinta 1 sebanyak 5 (lima) jurnal yang telah terindeks di Scopus," jelasnya.
“Kami berharap, melalui shortcourse ini, akan terjadi lompatan jumlah yang terakreditasi dan jurnal yang meraih jurnal internasional bereputasi (scopus) dan/atau Sinta-1. Mohon doa, dukungan dan partisipasi pengelola jurnal semoga upaya ini hasil maksud,” harapnya.
Pendaftaran shortcourse ini terbuka sesuai syarat dan kriteria yang telah ditentukan. Pendaftaran dilakukan melalui google form dengan tautan http://bit.ly/jurnal-ptki-2020, selambat-lambatntya pada Sabtu, 12 September 2020 pukul 23.59 WIB. Untuk informasi lebih detil, bisa akses pada www.diktis.kemenag.go.id**nag