Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

23 Kelompok Tani di Lemahabang Terima Bantuan Pupuk Hayati Kementan

Redaksi
Thursday, October 08, 2020, 15:53 WIB Last Updated 2020-10-08T08:53:28Z
Sebanyak 23 Kelompok tani dari 11 Desa di Kecamatan Lemahabang, menerima bantuan 2.300 botol pupuk hayati dari Kementrian Pertanian, Kamis (8/10). Sebelum menerima pupuk penyubur tanaman produksi PT Bio Konversi Indonesia itu, para petani terlebih dahulu di berikan arahan terkait kandungan, dosis dan takaran pemakaiannya bersama suplayer, UPKK, Penyuluh Pertanian dan UPTD Pengelolaan Pertanian Lemahabang. 
Kelompok Tani Di Lemahabang Saat Menerima Bantuan Pupuk Hayati Kamis (8/10)

Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Lemahabang, Dedi mengatakan, jumlah distribusi pupuk hayati di Lemahabang ini jumlahnya 2.300 botol, dimana setiap botolnya berisi 1 liter. Pupuk hayati ini, diberikan kepada masing-masing kelompok tani sebanyak 100 botol untuk kemudian dibagikan kepada anggota dan di gunakan dengan takaran 4 botol untuk lahan sawah 1 hektar. Bagi yang sudah panen, pupuk hayati bantuan Kementan ini, bisa di gunakan di musim rendeng nanti, sementara yang masih beberapa Minggu Hari Setelah Tanam (HST) bisa di gunakan langsung, khususnya di sawah golongan air IV dan V seperti Pulomulya, Pulokalapa dan Lemahmukti. "Setiap desa yang dapat itu 2 Kelompok tani, sesuai dengan ajuan di CPCL, Alhamdulillah hari ini semua terdistribusi semua kepada para petani di 11 Desa di Kecamatan Lemahabang, " Katanya.

Ketua Kelompok Tani Sangkan Hurip Desa Karyamukti, H Satibi mengatakan, pupuk hayati di butuhkan untuk merangsang dan menyuburkan tanaman di usia tanaman kurang dari sebulan. Biasanya, ia dan petani lainnya menggunakan pupuk di masa tanam tersebut membeli di kios-kios, namun musim ini, ia beruntung bisa mendapatkan bantuan Pupuk Hayati dari Kementerian Pertanian. Ia berharap, lewat bantuan ini, Pemerintah bisa secara berkelanjutan memberikan bantuan pupuk hayati ini, setelah sebelumnya jug turun bantuan benih/bibit, sehingga manfaatnya bisa di rasakan langsung oleh para petani. "Kami mengapresiasi bantuan ini, biasanya kami beli, sekarang Alhamdulillah dapat bantuannya dari Pemerintah, " Katanya.

Seperti di ketahui, pupuk hayati bantuan Kementan ini, mengandung unsur hara makro (NPK) organik dan unsur hara Mikro Fe, Mn dan Zn Organik. Termasuk juga di tambahkan mikro bakteri hingga perombak bahan organik hormon pengatur tumbuh, sehingga efektif di serap cepat tanaman, menstimulasi unsur hara tanah dan menutrisi tanah dan tanaman. Dengan tanpa campuran insektisida lain saat di gunakan penyemprotan, Bio Konversi ini tetap efektif memacu pertumbuhan tanaman dan meningkatkan aktifitas mikroorganisme positif di dalam tanah. (Rd)
Komentar

Tampilkan

  • 23 Kelompok Tani di Lemahabang Terima Bantuan Pupuk Hayati Kementan
  • 0

Terkini