Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Di Kukuhkan, Taruna Tani Pasirtanjung Serukan Milenial Becocok Tanam di Desa

Redaksi
Monday, October 12, 2020, 13:51 WIB Last Updated 2020-10-12T06:51:37Z
Taruna Tani Amanah Desa Pasirtanjung Kecamatan Lemahabang, di kukuhkan dan di SK Kan Kepala Desa setempat, Senin (12/10). Para anggota muda-mudi desa yang sebelumnya tergabung dalam Pemuda Masjid dan Alam (PMDA) ini, kemudian tergerak dan meminati pengembangan budidaya tanaman holtikultura dan hidroponik. Bersama UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Lemahabang, Taruna Tani Pasirtanjung menggelar kegiatan pelatihan Hidroponik bersama Trainer yang juga Penyuluh inovatif Ajud Tajarudin. 

Di Kukuhkan, Taruna Tani Pasirtanjung Serukan Milenial Becocok Tanam di Desa 

Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Lemahabang, Dedi mengatakan, kegiatan pelatihan Taruna Tani amanah ini, di rintis oleh para pemuda masjid di Desa Pasirtanjung yang di prakasai oleh Endang sampah yang merupakan aktivis lingkungan hidup. Dengan menerapkan budidaya  tanaman hortikultura berupa sayuran konvensional dan sayuran hidroponik, sambung Dedi, kegiatan ini sesuai dengan program dari Dinas pertanian "Sayuran organik keluarga di lemah buruan" (Syurga di Lembur). "Yaitu, dengan memanfaatkan tanah pekarangan dengan taman hortikultura sayuran dan tanaman obat untuk membantu pangan keluarga di masa covid-19 yang diharapkan kedepan busa menghasilkan usaha untuk lingkungan sekitar, " Katanya.

Mudah-mudahan sambung Dedi, kegiatan taruna tani amanah uni bisa dilaksanakan dengan baik dan maksimal dan bisa di kembangkan ke desa yang lain untuk menambah pangan keluarga. "Pelatihan taruna tani ini dilaksanakan dengan 2 pelatihan, pertama kupas tuntas tanaman hidroponik dan budidaya tanaman hortikultura, " Ujarnya. 

Kades Pasirtanjung, Saepudin Betong mengungkapkan rasa apresiasinya atas hadirnya kaum muda dalam pertanian, khususnya di Desa Pasirtanjung. Kedepan, ia dorong agar masyarakatnya bisa semakin meminati bercocok tanam dengan media pekarangan rumah, lingkungan hingga sekolah dan perkantoran di desanya. Ia mengaku tertarik dengan konsep pengembangan holkikultura dan juga hidroponik yang akan lahir dari Taruna Tani Amanah yang di kukuhkannya ini. Semoga, semua anggotanya, harap Saepudin, bisa selalu menyerap ilmu lewat pelatihan dan mengaplikasikannya di keluarga dan desanya. "Saya dengan bangga mengukuhkan taruna tani ini, semoga konsep dan aplikasinya nanti bisa membawa manfaat bagi masyarakat desa, kita dukung, " Ujarnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Koordinator Penyuluh bersama penyuluh pertanian Desa Pairtanjung, Aktivis LH Endang Sampah, Kelompok Wanita Tani (KWT), Bidan Desa dan tokoh masyarakat setempat. (Red)
Komentar

Tampilkan

  • Di Kukuhkan, Taruna Tani Pasirtanjung Serukan Milenial Becocok Tanam di Desa
  • 0

Terkini