Program Karawang Cerdas yang sudah ikut mengguyur pendidikan kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dianggap sukses memajukan keterampilan dan pemberdayaan vokasi warga belajar Paket A, B dan C di Karawang. Atas keberhasilan itu, Forum PKBM Karawang bersama Himpunan Paud Indonesia (Himpaudi) Karawang, dorong Cellica Nurrachadiana kembali memimpin Karawang Periode 2020- 2025. 

"Banyak kemajuan di Paud selama Ibu memimpin, mulai perhatian kesejahteraan dan program lainnya, kedepan kita meminta agar soal Perizinan operasional Paud bisa di longgarkan demi kemudahan akses anak-anak usia dini mendapatkan pendidikam di kampung-kampung, " Kata Pengurus Himpaudi Karawang, Yayah di sela-sela pertemuan di Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Kamis (15/10). 


Sementara itu, Sekretaris Forum PKBM Ujang Rohman mengatakan, Karawang Cerdas adalah bukti keberpihakan Pemkab kepada PKBM yang saat ini mulai banyak di kenal masyarakat luas. Untuk meningkatkan kompetensi dan taringnya, ia berharap kedepan insentif dan tunjangan para tutor PKBM maupun Paud, bisa terus ditingkatkan. "Jika semua naik dan ditambah kesejahteraannya, ia yakin "Cekas" Kabeh, " Katanya.

Kegiatan Kampanye Cellica Nurrachadiana di Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Kamis (15/10)

Sementara itu, Cellica Nurrachadiana mengatakan, ia tahu betul kesulitan dan tantangan yang dihadapi lembaga Paud maupun PKBM. Karenanya, ia sudah gelontorkan program Karawang Cerdas ini kepada PKBM agar di kelola dengan optimal, baik kompetensi warga belajar, kesejahteraan para tutornya hingga pemberdayaan dan keterampilan lain seperti pendidikan formal pada umumnya. Untuk pengadaan insentif atau tunjangan 220 tutor Paud, ia pastikan jika kembali dipercaya, siap di anggarkan ditahun-tahun berikutnya, begitupun para tutor Paud dan segala bentuk perizinan yang selama ini menyulitkan para pengelolanya, ia akan evaluasi dan pangkas, sehingga pendidikan anak usia dini ini bisa di akses dengan muda oleh anak-anak maupun pengelolanya dalam urusan perizinan yang tantangannya memang sudah serba online. "Saya memohon doa restu, semoga bapak ibu berkenan kembali memilih saya bersama kang Haji Aep untuk memimpin Karawang, " Ajaknya. (Rd)