Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Menggandeng RT, RW, Tokoh Masyarakat & Lingkungan

Redaksi
Tuesday, October 06, 2020, 09:57 WIB Last Updated 2020-10-06T02:57:43Z
Penanganan dan pencegahan Covid-19 bukan hanya tanggungjawab pemerintah dan tim medis saja. Tetapi masyarakat juga perlu membantu dalam hal tersebut.

Puskesmas Adiarsa Timur contohnya. Petugas medis yang menjadi kepanjangan tangan Pemkab Karawang tersebut menggandeng tokoh masyarakat dan unsur lingkungan dari penanganan dan pencehahan Covid-19. Karena mereka sadar, bukan tanggungjawab pemerintah saja. Namun harus bersama-sama guyub dalam penekanan virus yang tengah melanda dunia.

"Dulu awal ada Covid mungkin panik. Tapi sekarang kita bisa lawan dengan disiplin protokoler kesehatan. Kami bersama tokoh masyarakat, RT, RW , lingkungan dan semua terlibat penanganan dan pencegahan covid di wilayah Adiarsa," kata Kepala Puskesmas Adiarsa Timur, drg Veronic, kemarin.

Ia mengatakan,  keterbatasan medis dalam informasi dibantu oleh masyarakat. Pihaknya terjun ke lapangan untuk edukasi dan sosialisasi. Kemudian mengasihkan nomor kontak tim medis. Jika ada permasahan dengan covid dapat segera mengontak nomor yang telah ke sebar luaskan itu.

Kapus Veronic

"Setiap hari ponsel saya ini kring kring terus. Masuk laporan sana sini. Kemudian kami datang ke lokasi untuk kroscek. Itu strategi kami, guyub bersama masyarakat dalam penekanan corona," kata dia.

Bahkan, Vero sempat nongkrong di depan rumah terkonfirmasi positif yang tidak mau dibawa ke rumah sakit. Ia meyakinkan keluarganya agar mau diisolasi di rumah sakit.

"Kenapa harus di rumah sakit? Karena agar terpantau kondisinya. Sebab kroscek keadaan tubuh sudah sehat atau belumnya harus menggunakan alat kesehatan," katanya.

Dia terus melakukan sosialisasi sebagai tingkat ke waspadaan. Pasalnya setiap hari ada terus pasien terkonfirmasi positif.

"Masyarakat cukup patuhi 3 M (pakai maker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Yang menggunaka baju hazmat, cukup petugas medis saja. Kita bersama melawan covid ini, putus rantai penyebaran. Tidak saling ego, tapi sadar diri untuk kemanusiaan," pungkasnya.***
Komentar

Tampilkan

  • Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Menggandeng RT, RW, Tokoh Masyarakat & Lingkungan
  • 0

Terkini