Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Penjaringan KPPS Sisa 20 Persen PPK Cilamaya Tunggu Hasil Check Sipol

Redaksi
Thursday, October 15, 2020, 15:37 WIB Last Updated 2020-10-15T08:37:10Z
Dari 1.169 kuota KPPS yang lowong di 167 TPS se Kecamatan Cilamaya Wetan, baru terjaring 80 persennya. Salah satu faktor belum terpenuhinya para penyelenggara pemilu tingkat TPS tersebut, adalah masih proses input di aplikasi sistem informasi partai politik (Sipol) yang mendeteksi netralitas  pendaftar KPPS, apakah kader parpol atau bukan.

Sukanta, Ketua PPK Kecamatan Cilamaya Wetan

Ketua PPK Kecamatan Cilamaya Wetan, Sukanta mengatakan, pendaftar KPPS di 12 Desa sudah masuk 80 persen, karena sisanya masih dalam proses deteksi Sipol. Pihaknya, tidak menemui kendala berarti soal pra syarat pendaftar KPPS, seperti batasan usia minimal maupun pendidikan terakhir pendaftar, hanya saja sambungnya, proses Sipol masih berlangsung, dimana PPK input NIK dan nama lengkap pendaftar dengan list yang sudah di di rilis KPUD Karawang untuk menyesuaikan dengan NIK dan nama lengkap para pengurus partai tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga ranting. Tapi di lapangan, sebutnya, kadang-kadang pendaftar KPPS sendiri, ada yang tidak tahu menahu bahwa dirinya masuk dalam kepengurusan Partai, sehingga di aplikasi tetap tertolak. " Iya masih proses Sipol, sulitnya itu ada pendaftar yang tidak tahu menahu bahwa ternyata dirinya masuk dalam daftar pengurus Parpol, karena mungkin dulu bantak partai berburu simpatisan kader untuk memenuhi pra syarat dan kuota, " Katanya. 

Menyikapi hal ini, sambung Sukanta, tidak boleh pribadi membuat pernyataan sebagai kader partai, tapi harus di terbitkan langsung oleh Partai Politik tingkat Kabupaten. Sementara, sebutnya, batasan akhir input sisa rekrutmen KPPS ini adalah 18 Oktober lusa. "Kalau tertua tertolak, pernyataan bukan anggota Parpol itu ya harus dikeluarkan Pengurus Partai tingkat Kabuatennya, gak bisa pribadi, " Ujarnya.

Lebih jauh ia menambahkan, masa kerja KPPS nanti ditetapkan mulai 24 November sampai 23 Desember. Karena di masa Pandemi, maka semua anggota KPPS yang terdaftar, wajib rapid test 14 hari sebelum hari H 9 Desember. Adapun Honoraroum, sambungnya, dalam draft sejauh ini sekitar Rp700 ribuan. "Honor di draft sih sekitar Rp700 ribuan, untuk masa kerja sebulan, " Tutupnya. (Rd)
Komentar

Tampilkan

  • Penjaringan KPPS Sisa 20 Persen PPK Cilamaya Tunggu Hasil Check Sipol
  • 0

Terkini