Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Permendes 13/2020 Maksimalkan Penggunaan Dana Desa Menuju Desa Sejahtera

Redaksi
Sunday, October 18, 2020, 02:31 WIB Last Updated 2020-10-17T19:31:40Z

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 diperuntukkan untuk pencapaian SDGs desa di Indonesia.

“Dalam mengukur seluruh aspek pembangunan agar mampu mewujudkan perkembangan manusia seutuhnya,” ucapnya, saat ditemui di Claro Hotel, Sabtu (17/10/2020).

SDGs sendiri adalah Sustainable Development Goals atau pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Ia mengaku tujuan pembangunan berkelanjutan telah tertuang dalam Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang tujuan pembangunan berkelanjutan.

Abdul Halim menyebut sebesar 74 persen kontribusi yang diberikan dengan adanya Perpres pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan itu, guna membantu membangun dan menjadikan desa lebih sejahtera kedepannya.

Hanya saja, untuk mencapai angka tersebut, dibutuhkan evaluasi dan sinergitas antar seluruh elemen pemerintah, mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Kabupaten Kota untuk melakukan pendataan yang tepat sasaran.

“25 persen sisanya jadi beban kota dan ini bisa tercapai, masalah dan problem bisa dilewati, asalkan tepat sasaran dengan cara mendata sedetail mungkin di desa masing-masing,” lanjutnya.

Misalnya desa sehat dan sejahtera, kata dia, harus ada pendataan yang tepat terhadap masyarakat desa agar masyarakat bisa mendapatkan BPJS kesehatan yang merata.

“Sama seperti desa tanpa kemiskinan dan kelaparan. Berapa pun masyarakat kemiskinan di desa bisa tertangani dengan baik oleh pemerintah kalau terdata dengan baik oleh Kemenkes dan terkonsolidasikan dengan baik di kabupaten,” jelasnya.

Adapun tipe desa sesuai SDGs desa yakni desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa sehat dan sejahtera, desa pendidikan berkualitas dan lain sebagainya.

“Narasi pembangunan desa seperti SDGs ini penting karena setiap warga bisa membayangkan bagaimana sih desa kedepannya,” tutur Abdul Halim.

Lebih jauh, Abdul Halim mengaku pihaknya siap bersinergi dengan lembaga manapun asalkan sesuai dengan konsep yang jelas karena paradigma SDGs sudah ditata dengan baik sesuai arahan Presiden termasuk, kata dia, yang menyangkut soal teknis. **Ant.

Komentar

Tampilkan

  • Permendes 13/2020 Maksimalkan Penggunaan Dana Desa Menuju Desa Sejahtera
  • 0

Terkini