Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Presiden Jokowi Intruksikan Kepala Daerah Siap-siap Hadapi Fenomena La Nina

Redaksi
Wednesday, October 14, 2020, 19:15 WIB Last Updated 2020-10-14T12:15:07Z

Presiden Jokowi (Joko Widodo) meminta jajaranya untuk bersiap mengantisipasi peningkatan curah hujan di Indonesia akibat fenomena Nina.

Anomali cuaca akibat fenomena La Nina ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia sebesar 20 hingga 40 persen di atas normal.

presiden

Hal ini dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

“Laporan yang saya terima dari BMKG, fenomena La Nina diprediksi akan menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah bulanan di Indonesia akan naik 20-40 persen di atas normal,” kata Presiden melalui konferensi video di Istana, Selasa 13 Oktober 2020.

Presiden Jokowi juga mengintruksikan jajarannya untuk segera menghitung potensi dampak yang ditimbulkan kepada sejumlah seprti pertanian, perikanan, dan perhubungan

“Karena peningkatan curah hujan 20 sampai 40 persen itu bukan kenaikan kecil,” ujarnya.

Jokowi meminta jajarannya menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana hidromeorologi akibat fenomena La Nina.

“Hitung dampak dari fenomena La Nina ini seperti, pertanian, agar benar-benar dihitung. Kemudian, sektor perikanan dan perhubungan, karena kenaikan 20-40 persen ini bukan kecil,” jelas Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta agar informasi tekait perkembangan cuaca terus disampaikan sesegera mungkin kepada seluruh provinsi.

Dengan itu, pemerintah daerah dapat segera optimal mempersiapkan langkah-langkah pencegahan untuk mengantisipasi pemicu terjadinya bencana hidrometeologi seperti banjir dan tanah longsor.

“Saya minta untuk disebarluaskan informasi mengenai perkembangan cuaca secepat-cepatnya ke seluruh provinsi dan daerah sehingga tahu semuanya sebenanrya curah hujan bulanan ke depan ini akan tejadi kenaikan seperti apa,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan, adanya kenaikan curah hujan mencapai 0- 40 persen, akibat dampak fenomena La Nina di beberapa wailayah Indonesia.***

Komentar

Tampilkan

  • Presiden Jokowi Intruksikan Kepala Daerah Siap-siap Hadapi Fenomena La Nina
  • 0

Terkini