Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Sekda Karawang Hearing Bersama PPM Soal Rumah Sejarah Rengasdengklok

Redaksi
Wednesday, October 07, 2020, 10:22 WIB Last Updated 2020-10-07T03:22:30Z
Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri menerima kunjungan pengurus Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Karawang, Selasa (6/10/2020) di ruang rapatnya.

Kedatangan pengurus PPM tersebut untuk berdiskusi mengenai rumah sejarah Djiaw Kie Siong Rengasdengklok. Pasalnya rumah sejarah itu diusulkan untuk menjadi cagar budaya.

"Kita ngobrol bareng pengurus PPM soal sejarah di Karawang," kata Sekda.

Dengan duduk bersama ini, kata dia, lebih mengakrabkan diri bersama pengurus PPM. "Banyak masukan dan ide gagasan dari PPM untuk pemerintah," katanya.

Sementara, Ketua Harian PPM Karawang, Lukman N Iraz menambahkan,  rumah keturunan Tionghoa itu, dinilai menyimpan sejarah penting menjelang kemerdekaan Indonesia yang harus diakui dan dilindungi pemerintah.

"Pemuda Panca Marga mendorong Pemkab Karawang agar mendaftarkan Rumah Sejarah Djiaw Kie Siong sebagai cagar budaya," ujarnya.
Rumah Sejarah

Kata dia, latar belakang tentang sebuah peristiwa penculikan seorang tokoh proklamator kemerdekaan Indoneaia, Ir Soekarno dan Moh Hatta menjelang kemerdekaan RI, sangat melekat dengan keberadaan rumah sejarah di Rengasdengklok itu ditegaskan Lukman menjadi dasar kenapa rumah tersebut harus masuk kedalam cagar budaya.

"Rumah itu sangat bersejarah, bukan saja menjadi ikon Karawang namun merupakan ikon Nasional, karena mempunyai peran penting dalam merencanakan kemerdekaan," terangnya.

Kendati demikian, Lukman juga menyadari bahwa saat ini kepemilikan rumah tersebut masih dikuasai oleh perseorangan, sehingga PPM menyarankan Pemkab Karawang terlebih dahulu untuk membelinya dan menjadi aset pemerintah.

"Memang rumah itu sekarang masih dimiliki perseorangan, kemudian upaya pemerintah untuk membelinya cukup alot, karena hak waris yang selalu berganti, namun  kami yakin rumah tersebut bisa dibeli pemerintah, dan bisa dijadikan sebagai cagar budaya," tandasnya.***
Komentar

Tampilkan

  • Sekda Karawang Hearing Bersama PPM Soal Rumah Sejarah Rengasdengklok
  • 0

Terkini