Tersiar kabar bahwa Masjid Istiqlal, Jakarta sempat diisukan terbakar. Hal ini karena salah satu warga yang beraktivitas di sana melihat kepulan asap keluar dari gorong-gorong masjid.

Namun setelah ditelusuri bukan peristiwa kebakaran besar, melainkan hanya insiden terbakarnya salah satu bagian kabel listrik di dalam saluran bawah tanah Masjid Istiqlal.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mentakan bahwa kepulan asap itu berasal dari terbakarnya kabel PLN yang mengarah ke kantor Kementerian Agama dan Katedral.

"Kabel PLN yang mengarah ke kantor Kementerian Agama dan Katedral, menyebabkan sebagian listrik padam di kedua kantor tersebut. Selanjutnya dilakukan penanganan lebih lanjut oleh polsek dan petugas PLN," ujar Heru, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari RRI.

Selain itu Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Asril Rizal juga mengatakan bahwa benar yang terbakar itu hanya kabel dan dalam penanganan kabel terbakar di gorong-gorong Masjid Istiqlal, pihak pemadam kebakaran dan kepolisian hanya berjaga-jaga saja.

Fungsi penjagaan adalah, menghalau masyarakat agar tidak berkerumun untuk melihat langsung kepulan asap tersebut.

"Iya benar sempat ada kepulan asap tebal dari saluran dekat Masjid Istiqlal. Tadi kita bertugas bersama petugas kepolisian menjaga agar masyarakat tidak berkerumun. Sementara untuk penanganan keseluruhan dilakukan oleh petugas PLN," kata Asril, dikutip dari Antara News.

Kepulan asap di Masjid Istiqlal ternyata berasal dari gorong-gorong di depan Pintu Al Jabar.

Seorang pedagang minuman yang pertama kali melihatnya sekitar pukul 14.45 WIB tadi sore, setelah itu melaporkannya ke pihak keamanan.

Karena kebakaran kabel terdeteksi dini, dipastikan tidak ada korban jiwa.***