Teknologi Informasi (TI) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan atau menyebarkan informasi.

Ada nama-nama atau istilah dalam dunia teknologi yang ternyata memiliki kepanjangan, seperti Google, Windows, Computer, Malware, dan Virus, seperti dilansir dari akun Instagram @buku.anakit.

Kepanjangan dan penjelasan masing-masing istilah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Google


Google

Kepanjangan dari Google adalah Global of Oriented Group Language of Earth. Google merupakan perusahaan multimedia asal Amerika Serikat.

Google menyediakan segala jenis layanan internet yang banyak dikenal sebagai search engine. Selain itu, Google juga menyediakan surel, maps, dan media penyimpanan seperti Google Drive.

2. Windows

Windows memiliki kepanjangan Wide Interactive Network Development for Office Work Solution. Windows merupakan salah satu sistem operasi populer yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.

3. Computer

Computer memiliki kepanjangan yaitu Common Oriented Machine Particularly United and used under Technical and Educational Research. Kata Computer sudah diserap ke dalam ejaan bahasa Indonesia menjadi Komputer.

Computer merupakan istilah yang merujuk pada mesin ataupun perangkat yang digunakan untuk mengolah data.

4. Malware

Malware memiliki kepanjangan yaitu Malicious Software. Malware adalah program berbahaya yang sengaja dirancang untuk merusak komputer.

Program tersebut menyelipkan virus, spyware, trojan, dan worm pada sistem atau software aplikasi.

5. Virus

Virus memiliki kepanjangan Vital Information Resources Under Siege. Virus merupakan suatu program pendek yang dirancang untuk mengganggu operasi normal suatu komputer.

Virus biasanya ditemukan pada komputer, menempel atau menyisipkan dirinya ke dalam file berisi instruksi yang bisa dijalankan komputer.

Sifat virus adalah mengganggu sistem yang dijalankan atau menyebabkan sistem operasi atau aplikasi tidak berfungsi. Ada suatu program yang memang diciptakan untuk mengatasi masalah tersebut yang disebut program antivirus.***