Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Boikot Produk Prancis Ramai Didengungkan, Emak-emak Khawatir SGM dan Aqua Diboikot di Indonesi

Sunday, November 01, 2020 | 18:40 WIB Last Updated 2020-11-01T11:40:55Z

Kontroversi sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang membiarkan kartun Nabi Muhammad beredar luas menuai kecaman dan berujung pada pemboikotan produk Prancis.

Beberapa negara seperti Turki sudah melayangkan sikap untuk memboikot produk Prancis untuk memprotes Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Rupanya isu pemboikotan produk Prancis untuk memprotes sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron tidak hanya di dunia internasional.

Di Indonesia, iso boikot produk Prancis ini mulai ramai didengungkan.

Bahkan sudah ada beberapa informasi yang beredar bahwa beberapa merek yang diduga dari Prancis akan diboikot di Indonesia.

Ancaman pemboikotan berbagai produk asal Prancis seperti, tas, baju, sepatu, dan lainnya ternyata bukan hanya sekedar isapan jempol semata, kini masyarakat mulai ramai-ramai melakukan kampanye pemboikotan tersebut.

Fenomena ini terlihat ketika minimarket asal Indonesia ikut memboikot produk Prancis.

Informasi tersebut berasal dari sebuah unggahan akun sosial media Instagram bernama @makassar_iinfo pada Sabtu, 31 Oktober 2020.

Sebagaimana diketahui, alasan di balik pemboikotan minimarket tersebut, yakni imbas dari pernyataan kontroversial Presiden Prancis Emmanuel Macron soal kartun Nabi Muhammad saw.

Akun @makassar_iinfo menuliskan bahwa produk Prancis telah disegel.

"Salah satu minimarket di Indonesia juga sudah ikut memboikot produk dari negara Prancis," tulis @makaar_iinfo.

Masih dalam akun tersebut, terdapat sebuah foto serta video yang memperlihatkan adanya rak di minimarket disegel dengan berisikan berbagai produk-produk disebut berasal dari Prancis.

“Mohon maaf sementara produk ini tidak kami jual. Boikot produk Prancis. Kami cinta Rasulullah. Boikot produk Prancis," tulis peringatan lainnya, seperti dikutip PikiranRakyat-Pangandaran.com dari RRI.

Dengan menggunakan plastik berwarna putih, produk yang termasuk ke dalam daftar pemboikotan itu bisa langsung dilihat dari luar saat pembeli memasuki minimarket. Nampak dengan jelas produk kecantikan, minuman, dan susu bayi dengan brand yang mengundang perhatian.

Adanya unggahan dari akun media sosial Instagram @makassar_iinfo ini pun langsung menjadi bahan pembicaraan warganet, mereka menyoroti beberapa produk terkenal yang ikut diboikot, seperti Aqua dan SGM.

Mereka mempertanyakan apakah benar kedua produk tersebut ikut diboikot. Sebab, mereka tahunya kedua produk itu asli Indonesia dan banyak buruh bekerja di sana. Seperti yang sudah diberitakan oleh Pikiran Rakyat Pangandaran dalam artikel "Buntut Pernyataan 'Hina Islam' Macron, Netizen Risau SGM dan Aqua Ikut Diboikot Minimarket Indonesia".

"Baru tahu SGM dari Prancis. Saya pikir produk lokal karena relatif murah," kata @agus*********.

"Aqua merek dari Prancis? Ku kira dari Indonesia itu aqua," balas @fauz******.

"Mohon maaf kalau aku keliru. Bukannya SGM dibuat di Indo ya? Kalau diboikot kasihan sih nasib para buruh di sana," timpal @nicha*****.

"Wah tambah susah ini kalau mau cari susu," sahut @mila*** 

×
Berita Terbaru Update
CLOSE
CLOSE