Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memutasi 21 perwira tinggi dan menengah Polri. Kapolda Metro Jaya Nana Sujana termasuk yang dicopot.

Mutasi tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tanggal 16 November 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Telegram diteken Asisten SDM Polri atas nama Kapolri, Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Dalam telegram ini, terdapat delapan kapolda yang berganti jabatan. Dua di antaranya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Keduanya dicopot karena melanggar protokol kesehatan.

"Bahwa ada dua kapolda yang tidak menegakkan protokol kesehatan maka diberikan saksi berupa pencopotan yaitu Kapolda Metro Jaya, kedua Kapollda Jawa Barat,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Senin (16/11/2020).

Pencopotan keduanya diduga terkait acara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Seperti diketahui, kedatangan HRS dari Arab Saudi pada Selasa (10/11/2020) disambut ribuan orang, mulai di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan di kediamannya, kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Kerumunan massa kembali terjadi saat Habib Rizieq menggelar Maulid Nabi Muhammad dan pernikahan putri keempatnya, Syarifah Najwa Shihab, Sabtu (14/11/2020) malam. Akibat kegiatan itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjatuhkan sanksi denda Rp50 juta.

Berikut daftar lengkap kapolda yang diganti:

1. Kapolda Bali Irjen Pol Petro Golose.Dimutasi sebagai Pati Bareskrim Polri (persiapan penugasan di luar struktur).

2. Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuddin Djafar.Dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

3. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana.Dimutasi sebagai Korsahli Kapolri.

4. Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran.Dimutasi sebagai Kapolda Metro Jaya.

5. Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta.Dimutasi sebagai Kapolda Jatim.

6. Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Rikwanto.Dimutasi sebagai Kapolda Kalsel.

7. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi.Dimutasi sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

8. Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi.Dimutasi sebagai Aslog Kapolri.***