Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dana Desa Tahap 3 Kabupaten Karawang Ditargetkan Cair Awal November 2020

Sunday, November 01, 2020 | 21:35 WIB Last Updated 2020-11-01T14:35:17Z

Dana desa tahap 3 tahun 2020 ditargetkan cair November mendatang. Hal ini agar bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) dapat segera disalurkan ke masyarakat. “Yang mana kebanyakan desa alokasi anggaran dana desa tahap 3 ini untuk BLT-DD tahap 4,5, dan 6,” terang Kabid PUEM Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Agus Somantri, beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan, 265 desa di Karawang telah melakukan pembangunan fisik dengan penyerapan anggaran dana desa tahap 1 dan 2. Dengan demikian dana desa tahap 3 yang sebesar 20% dari total pagu ini difokuskan untuk BLT-DD dan pengadaan masker.

Meski demikian, sebanyak 32 desa akan mengalokasikannya untuk pembangunan fisik, sejumlah desa tersebut mengalami keterlambatan karena pada tahun ini bertepatan menjadi pilkades serentak. “Untuk BLT-DD mereka sudah lebih awal malah di tahap sebelumnya,” tambahnya.

Sebab itu, Asom, sapaan akrabnya berharap pemerintah desa segera mengusulkan pencairan dana desa tahap 3 jika sudah memenuhi persyaratan. Namun dikatakannya pula pihaknya masih menunggu perubahan peraturan bupati yang memuat tentang alokasi dana desa untuk BLT-DD dan perubahan pagu. Sebetulnya sejak tahap 2 lalu pagu dana desa telah mengalami pengurangan namun belum disyaratkan mesti ada perbub.

Masih dikatakan Asom, penyerapan dana desa tahap 1 dan tahap 2 sejauh ini terbilang lancar. Sebelumnya BLT-DD dipatok Rp600 ribu per penerima manfaat, karena memang tahap 1 dan tahap 2 pencairannya 40%. Adapun BLT-DD mengalami pengurangan nilai menjadi Rp300 ribu per penerima manfaat sebab memang pencairan dana desa tahap 3 sisanya hanya 20%. “Karena memang sedikit, gak cukup kalau Rp600 ribu,” pungkasnya.***

×
Berita Terbaru Update