Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, sukses memenangi balapan MotoGP Valencia 2020 setelah menjalani duel sengit melawan Jack Miller (Pramac Racing) pada lap terakhir.

Hasil MotoGP Valencia 2020 - Franco Morbidelli Menang, Joan Mir Jadi Juara Dunia

Franco Morbidelli naik ke podium kampiun usai tampil gemilang pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (15/11/2020).

Dalam balapan selama 27 lap tersebut, Morbidelli finis terdepan dalam waktu 41 menit 22,478 detik.

Finis di belakang Morbidelli ialah Jack Miller dan pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro.

Sementara itu, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 meski tak finis di posisi podium.

Hasil finis di urutan ketujuh sudah cukup untuk mengantar Mir menyegel titel kampiun dunia musim ini.

Tambahan 9 poin membuat Mir kini punya 171 poin, unggul 29 poin dari Morbidelli.

Selisih poin tersebut sudah tidak bisa lagi dikejar karena kejuaraan dunia MotoGP 2020 hanya menyisakan satu seri lagi di Sirkuit Portimao, Portugal, pada pekan depan.

Jalannya balapan MotoGP Valencia 2020

Duel ketat langsung terjadi saat bendera start dikibarkan, Franco Morbidelli dan Jack Miller saling berebut untuk menduduki posisi terdepan.

Di sisi lain, rekan satu tim Franco Morbidelli di Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo harus turun ke posisi ke-20 setelah dia sempat melebar ke luar lintasan di tikungan 2.

Franco Morbidelli kembali mengamankan posisi terdepan setelah memenangi duel ketat melawan Jack Miller dan pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro.

Balapan MotoGP Valencia 2020 berjalan dua lap, rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi perlahan-lahan memperbaiki posisinya di urutan ke-14 setelah start dari posisi ke-16.

A trouble-free first lap for @JoanMirOfficial! ????

He's up to tenth, although @Rins42 has leapt from 14th to 7th! ????#MatchPoint | #ValenciaGP ???? pic.twitter.com/uEyW8kBDmI

— MotoGP™???? (@MotoGP) November 15, 2020

Sementara, rider Suzuki Ecstar yang juga pemuncak klasemen sementara pembalap MotoGP 2020 yakni Joan Mir masih tertahan di urutan ke-10.

Memasuki putaran kelima, Franco Morbidelli masih tampil solid di posisi terdepan meski masih dibuntuti dengan ketat oleh Jack Miller di urutan kedua.

Berselang satu lap kemudian, nasib sial dialami Johann Zarco dari Esponsorama Racing yang mengalami crash tatkala melaju di tikungan 1 saat menduduki posisi keenam.

Franco Morbidelli perlahan-lahan membuka gap dengan unggul 0,9 detik atas Jack Miller saat sesi balapan MotoGP Valencia 2020 menyisakan 20 lap terakhir.

???? @JohannZarco1 crashes just in front of @Rins42!

The Frenchman falls out of sixth place! ????#MatchPoint | #ValenciaGP ???? pic.twitter.com/Dxd7WMF4VX

— MotoGP™???? (@MotoGP) November 15, 2020

Mimpi buruk Fabio Quartararo benar-benar hadir di lap kesembilan saat dirinya tersungkur ke area gravel tatkala memacui motor YZR-M1 melintasi tikungan 6.

Penampilan yang tak kalah solid juga ditunjukkan Takaaki Nakagami yang menduduki urutan keempat dengan menutup celah dari manuver rekan setim Joan Mir, Alex Rins dan Miguel Oliveira.

Sementara Joan Mir sendiri kian mantap menatap gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah menyalip Aleix Espargaro untuk menempati posisi kedelapan.

15 lap tersisa, Franco Morbidelli kian tak terkejar oleh Jack Miller yang berada di urutan kedua, kedua pembalap tersebut kini mencatatkan gap sebesar 1,1 detik.

❌ @FabioQ20's title challenge is over!

The @sepangracing rider has crashed out! ????#MatchPoint | #ValenciaGP ???? pic.twitter.com/HMNQ0iT0ic

— MotoGP™???? (@MotoGP) November 15, 2020

Di grup belakang, Andrea Dovizioso dari tim Ducati harus bekerja keras untuk mengamankan posisi ke-10 dari ancaman rekan satu tim Valentino Rossi, Maverick Vinales.

Duel antar rekan setim juga terjadi saat Stefan Bradl dari Repsol Honda berupaya keras untuk melewati Alex Marquez yang berada di urutan ke-16.

Tidak ada perubahan berarti saat balapan MotoGP Valencia 2020 menyisakan 10 putaran terakhir dengan Franco Morbidelli masih berada di urutan pertama.

Sedangkan, Jack Miller dan Pol Espargaro secara berurutan menduduki posisi kedua dan ketiga.

Incredible race pace! ⏱️@FrankyMorbido12 is looking supreme at the front! ????#MatchPoint | #ValenciaGP ???? pic.twitter.com/OfqG3cfd7q

— MotoGP™???? (@MotoGP) November 15, 2020

Tak berselang lama, Takaaki Nakagami yang sedang berada di posisi keempat kembali membuang kesempatan merebut podium karena mengalami crash di tikungan 14.

Kondisi tersebut tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Joan Mir yang naik satu tingkat di urutan ketujuh setelah cukup lama tidak bisa beranjak dari posisi sebelumnya.

Jack Miller masih belum menyerah untuk mengejar Franco Morbidelli, dia berhasil memangkas gap dengan hanya terpaut 0,2 detik saja.

The podium eludes @takanakagami30 once again! ❌

He crashes while fighting with @polespargaro! ????#MatchPoint | #ValenciaGP ???? pic.twitter.com/1DOxzofm37

— MotoGP™???? (@MotoGP) November 15, 2020

Memasuki lima putaran terakhir, Franco Morbidelli juga menunjukkan upaya untuk menjauh dari kejaran Jack Miller yang membela Pramac Racing.

Namun, upaya Franco Morbidelli tidak berjalan mulus saat dirinya kembali dikuntit dengan ketat oleh semangat pantang menyerah dari Jack Miller.

Memasuki lap terakhir, Jack Miller akhirnya merebut posisi terdepan dari tangan Franco Morbidelli saat beradu top speed di main straight.

Namun momen panas tidak berhenti di situ, duel sengit masih terjadi sebelum akhirnya Franco Morbidelli berhasil merebut posisinya lagi untuk meraih kemenangan pada MotoGP Valencia 2020.

???? @JoanMirOfficial IS YOUR 2020 #MotoGP WORLD CHAMPION!!! ????

Congratulations Joan!! ????????????#M1R pic.twitter.com/jXRpdKbqH3

— MotoGP™???? (@MotoGP) November 15, 2020,demikan dikutip dari Bolasport.