Keberadaan gas elpiji 12 kilogram tabung biru belakangan ini menjadi sorotan masyarakati. Sebab, dikabarkan dalam waktu dekat gas ukuran tersebut akan ditarik dari pasaran

Elpiji Tabung Biru 12 Kg

PT Pertamina menegaskan tidak ada penarikan tabung gas ukuran tersebut. Tapi, gas tabung biru itu akan ditukar dengan gas ukuran yang sama. Cuma berbeda warna, yaitu pink atau Bright Gas.

"Yang benar adalah dilakukan penukaran tabung biru LPG (Elpiji) 12 kg menjadi tabung pink LPG 12 kg yang dilakukan secara bertahap dan natural," ujar Vice President Corporate Communications PT Pertamina, Fajriyah Usman, kepada VIVA, Rabu 11 November 2020.

Dia menjelaskan, saat ini Pertamina memiliki dua produk elpiji yang sama. Di mana satu-satunya pembeda hanya warna tabungnya saja.

Nantinya, proses penukaran kedua tabung elpiji 12 kg tabung biru akan dilakukan ketika gas yang digunakan masyarakat itu sudah habis dan diisi dengan yang baru. Tabung isi ulang berikutnya yang akan dibeli masyarakat dari agen akan menjadi tabung baru warna pink.

Fajriyah bahkan menjamin bahwa secara kualitas dan kuantitas, kedua jenis tabung itu tidak akan ada perbedaan sama sekali.

"Semua sama, kualitas tabung, volume isi tabung, serta harga. Yang beda hanya warna," ujarnya.***