Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Jika Terjadi 100 Persen Lonjakan Kasus COVID-19, Ini Skenario Kemenkes

Redaksi
Sunday, November 22, 2020, 23:01 WIB Last Updated 2020-11-22T16:01:19Z

Akibat adanya kerumuan di acara pernikahan dan agama sebagai bentuk pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi baru-baru ini, ditemukan puluhan kasus positif virus corona atau COVID-19.

Oleh karena itu, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp. THT-KL(K), MARS, menyiapkan sejumlah langkah antisipasi pasien COVID-19, berupa sarana dan prasarana di rumah sakit.

Virus Corona

"Di antaranya adalah bilamana terjadi kenaikan pasien sampai 50 persen, maka rumah sakit itu masih dapat menampung. Karena itu, sampai saat ini ketersediaan ruang perawatan di rumah sakit baru sekitar 50 persen," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Minggu, 22 November 2020.

Namun, Abdul memastikan, bila terjadi kenaikan pasien hingga 50-100 persen, maka Kementerian Kesehatan telah memerintahkan seluruh rumah sakit untuk melakukan penataan tempat tidur, dengan menambah kapasitas ruang perawatan pasien COVID-19, termasuk menambah ruangan isolasi dan ICU.

"Sampai saat ini, ketersediaan obat sangat mencukupi dan juga buffer stock obat juga cukup. Demikian juga dengan ketersediaan peralatan kesehatan," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Abdul turut mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan pakai sabun.

"Saya kira ini semua penting bagi kita untuk memutus rantai penularan COVID-19. Dan tentunya kita berdoa mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan," tutup Abdul Kadir.

Ingat, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker

#jagajarak

#cucitangan

#ingatpesanibu

Komentar

Tampilkan

  • Jika Terjadi 100 Persen Lonjakan Kasus COVID-19, Ini Skenario Kemenkes
  • 0

Terkini