Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kembali memberlakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH) mulai hari ini Rabu (18/11/2020) hingga Minggu (22/11/2020). Kebijakan tersebut diambil setelah ditemukan sejumlah aparatur sipil negara (ASN) Kemenpan-RB yang positif covid-19.

Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh Menpan-RB, Tjahjo Kumolo, Rabu (18/11/2020). Dia menyebut cukup banyak ASN di Kemenpan-RB yang terinfeksi covid-19.

“Hasil swab menunjukkan jumlah staf yang positif covid-19 cukup banyak, ada yang satu keluarga. Harus WFH total di Kemenpan-RB. Rabu hingga Minggu akan ada penyemprotan desinfektan menyeluruh,” katanya.

Tjahjo Kumolo

Sementara itu, Sekretaris Kemenpan-RB, Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan WFH total tersebut diterapkan pada 18-20 November 2020. Dia menjamin kegiatan virtual yang telah direncanakan akan tetap dilaksanakan.

“WFH bukan berarti libur, jadi ASN tetap bekerja meski pertemuannya secara virtual,” ucapnya.

Video Pemusnahan Narkoba Senilai Rp1 Triliun di Mapolda Metro Jaya

Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menggelar pemusnahan narkoba jenis sabu, ganja hingga ekstasi senilai Rp1,058 triliun di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/2/2020). Pemusnahan barang terlarang tersebut disaksikan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

Menurutnya, hingga saat ini, Kemenpan-RB telah melakukan berbagai upaya mengatasi penyebaran covid-19. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh bagi tamu dan pegawai saat masuk gedung, disinfeksi berkala di lingkungan kantor, penerapan social distancing, kewajiban penggunaan masker, menyediakan tambahan tempat cuci tangan, dan pembagian multivitamin bagi seluruh pegawai.

Selain itu, Kemenpan-RB juga rutin menggelar tes cepat covid-19. Tes Imunoserologi Anti SARS-Cov-2 atau tes serologi diselenggarakan secara berkala setiap dua minggu. Di samping itu juga dilakukan pemeriksaan swab PCR (polymerase chain reaction) bagi seluruh pegawai.

“Tes ini diperuntukkan bagi seluruh pegawai Kemenpan-RB sebagai tindakan preventif untuk mendeteksi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Kemenpan-RB juga memperkuat Tim Penanganan Covid-19 dengan membentuk Covid-19 Crisis Center. Tugasnya antara lain mempercepat penanganan Covid-19 di lingkungan Kemenpan-RB.***