Peka Breaking
News
wb_sunny

BREAKING NEWS

Ratusan PTPS Wadas di Bintek dan Langsung di Rapid Rest

Ratusan PTPS Wadas di Bintek dan Langsung di Rapid Rest


Ratusan pengawas TPS di Kecamatan Lemahabang, di berikan pembinaan dan 
materi pengawasan teknis TPS sebelum pelaksanaan, pemungutan suara, penghitungan sampai pengawasan kotak suara dari Tps ke Tps, di Mts Annur, Sabtu (28/11). 

Setelah di Bintek oleh Panwascam setempat, ratusan PTPS yang baru di sumpah dua pekan terakhir ini, langsung di rapid test pihak kesehatan dari Puskesmas setempat. 


Ahmad Sapei, Anggota Panwascam Lemahabang menuturkan, Bintek PTPS ini disampaikan materi berkenaan dengan tugas fungsi ptps berdasar PKPU Nomor 7 tahun 2017, utamanya pasal 114 yang bunyinya mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, pelaksanaan penghitungan suara, dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPs ke PPS. Dalam pasal 115 sebut pria yang akrab disapa Alex ini, pengawas TPS berwenang mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya pelanggaran, kesalahan atau dalam hal penyimpangan, administrasi pemungutan dan penghitungan suara, menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara dan melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan. "Kita sampaikan regulasi PKPU soal wewenang dan tugas mereka, " Katanya.

Ia menambahkan, diaturan yang sama pasal 116 ptps berkewajiban untuk melaporkan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada panwaslu melalui pkd. Bahkan, bahasan tentang saksi calon sesuai pkpu 8 tahun 2018 pasal 1 poin 24, juga masuk dalam bahasan Bintek, yang menyatakan bahwa saksi paslon adalah seseorang yang mendapatkan surat mandat dari paslon atau tim kampanye untuk menyaksikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tps. "Soal saksi dan syaratnya juga kita bahas, jangan sampai ada saksi mengantongi izin bodong, " Katanya.
 
Usai dibintek, sambungnya ratusan PTPS ini langsung di rapid pihak Puskesmas Lemahabang, satu persatu para pengawas ini di periksa darahnya untuk mengantisipasi pencegahan covid-19 saat pengawasan mendatang. Hanya saja, belum semua peserta PTPS di Rapid, karena akan ada susulan pada Senin lusa mengingat banyaknya jumlah peserta. "Langsung di rapid setelah di bimtek, " Pungkasnya. (Rd)

Tags

Berlangganan Gratis

Dapatkan Pemberitahuan Khusus Berita Terbaru Dari Kami.

Post a Comment

NASIONAL

SEPUTAR DESA