Kegiatan belajar di sekolah akan dimulai kembali per Januari 2021 untuk semua zona meski pandemi Covid-19 belum reda.

Dengan begitu, peta warna risiko Covid-19 tidak lagi menjadi acuan pembukaan sekolah. Namun, pemerintah daerah setempat memiliki kewenangan mutlak untuk mengeluarkan izin pembelajaran tatap muka (PTT) ini menyesuaikan dengan kondisi masing-masing.

tatap Muka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada Jumat (20/11/2020) mengatakan, dimulainya sekolah PTT mulai Januari 2021 ini merupakan keputusan bersama empat menteri yakni Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Keputusan tersebut juga disepakati oleh Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

"Dimulai Januari 2021 pada semester genap tahun ajaran 2020 – 2021. Pemerintah pusat memberi kewenangan sepenuhnya kepada pemerintah daerah yang lebih memahami kondisi pandemi COVID-19 di wilayahnya,” ujar Nadiem saat mengumumkan hal ini dan disiarkan langsung melalui Channel Youtube Kemendikbud.

Mendikbu Nadiem juga menekankan, sebelum membuka PTT maka pemerintah daerah perlu bersepakat dengan pihak sekolah dan orang tua siswa.***ts