Notification

×

Iklan


Iklan

Tetap Terima Penghargaan dari Jokowi, Gatot Tak Hadir karena Alasan Corona

Wednesday, November 11, 2020 | 12:45 WIB Last Updated 2020-11-11T05:45:36Z

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo absen dalam acara Upacara Penganugerahan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan RI Tahun 2020 di Istana Negara, Rabu (11/11/2020).

Terkait itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Gatot tidak hadir dengan alasan masih dalam situasi pandemi virus Corona (Covid-19).

Gatot menyerahkan surat langsung kepada Presiden Jokowi lantaran tidak hadir dalam prosesi penyerahan gelar Bintang Mahaputera terhadapnya. Dalam surat itu dikatakan Mahfud, alasan pertama Gatot tidak bisa menghadiri karena Covid-19.

"Tapi dalam suratnya, Pak Gatot menyatakan menerima pemberian bintang jasa ini tetapi beliau tidak bisa hadir karena beberapa alasan, pertama ini suasana Covid-19," kata Mahfud dalam konferensi persnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Meski demikian, Gatot tetap menerima penghargaan tersebut. Oleh karena itu, penghargaan gelar Bintang Mahaputera bakal diberikan melalui sekretaris militer.

"Kan mengatakan di sini, (beliau) menerima ini sehingga hanya mengatakan tidak bisa hadir penyematannya."

Gatot masuk ke dalam daftar tokoh yang diberikan penghargaan berupa gelar Bintang Mahaputera oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Meski sudah diyakini pihak Istana bakal hadir, namun ternyata batang hidungnya tidak nampak.

Sebelumnya Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan setidaknya terdapat 71 tokoh yang menerima penghargaan. Namun ada sebagian yang tidak hadir dengan beragam alasan.

"Semua hadir ada beberapa yang tidak hadir dalam kondisi ada yang kurang sehat," kata Heru di Istana Negara, Rabu.

Gatot juga ikut absen dalam acara tersebut. Heru menuturkan kalau Gatot sudah memberikan surat kepada Jokowi dan akan disampaikan kepada publik oleh Mahfud.

"Pak Gatot ada bersurat kepada bapak Presiden, nanti bapak Menkopolhukam akan menyampaikan," tuturnya.***suara.

X
X