Mahasiswa Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas Bina Sarana Informatika Semester 3
(UBSI) Program Studi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang, menyelenggarakan kegiatan Webinar Karir, Rabu (11/11). Webinar ini untuk memberikan pengetahuan serta arahan sebelum mahasiswa terjun langsung ke dunia industri untuk memenuhi kelulusan matakuliah Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan harapan, mahasiswa dapat diserap ke dunia industri sebelum lulus kuliah. Kegiatan Webinar tersebut, dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting pukul 15:30 - 18:00 Wib. Hadir  dalam Kegiatan itu, ratusan peserta dari seluruh mahasiswa Program Studi Informasi UBSI. 

Bertindak selaku Pemateri pada webinar kali ini adalah Achmad Yahya Sjarifuddin sebagai Manager Research and Development Corporate Scretary pada PT. Cyberindo Aditama dan didampingi moderator Maruloh, M.Kom.

Dengan pengalaman di bidang IT selama 22 tahun lamanya, pemateri memberikan wawasan mengenai passion yang harus ditingkatkan oleh mahasiswa agar bisa bersaing dalam mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan set skill yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa, karena kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang IT khususnya di Indonesia sangat tinggi sekali.

“Di dunia professional IT dibutuhkan skill, knowledge dan attitude, karena ketiga hal itu saling berkesinambungan, jika salah satu dari ke tiga elemen itu tidak ada, seseorang akan kesulitan. Tidak hanya itu sertifikasi kompetensi pun dibutuhkan di dunia industri sebagai bukti tertulis bahwa mahasiswa tersebut ahli di bidang tertentu” kata Achmad Yahya Sjarifuddin selaku pemateri kegiatan Webinar Digital Mindset di Era Pandemi Covid-19 tersebut. 

Sementara itu, Kepala Program Studi Sistem Informasi Kampus Kampus Kabupaten Karawang, Abdussomad, M.Kom mengatakan, meskipun ditengah pandemi Covid-19, UBSI terus berupaya memberikan fasilitas kepada mahasiswa dengan menghadirkan orang-orang yang ahli di bidangnya untuk memberikan pengetahuan, pengalaman serta wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa UBSI. "Saya sangat berharap dengan adanya kegiatan kali ini, mahasiswa lebih terbuka kembali wawasannya dan saya berharap mahasiswa mempunyai keyakinan, bahwa untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan itu tidak harus menunggu kelulusan melainkan bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah proses PKL atau magang selesai.” harap Abdussomad. (Rd)