Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ada 6 Bansos yang Cair Bulan Desember 2020, Segera Cek Di Sini

Wednesday, December 16, 2020 | 03:06 WIB Last Updated 2020-12-15T20:10:33Z

Sejumlah bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 akan cair bulan Desember 2020 ini.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan masyarakat terbantu dan ekonomi negara ini kembali stabil.

Beberapa bantuan yang bakal cair bulan ini diperkirakan ada lima bantuan langsung tunai atau BLT dari pemerintah. Apa saja?

Perlu diketahui, 5 daftar BLT ini cair di bulan Desember 2020 adalah BST PKH, Subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan, Subsidi gaji BLT guru honorer Kemendikbud, Subsidi gaji BLT guru honorer Kemenag, dan BLT UMKM BPUM.

uang ditangan

Berikut ini ulasan 5 Bansos dari pemerintah yang cair di bulan Desember 2020, yang telah dirangkum zonapriangan.com dari berbagai sumber.

1. BLT BPJS Ketenagakerjaan

Program subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan merupakan bantuan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan yang diberikan kepada pekerja swasta.

Kemnaker menyalurkan bantuan subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp1,2 juta untuk periode November-Desember 2020.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, BLT subsidi gaji ini masih dalam proses penyaluran kepada 5.124 pekerja.

Subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi syarat yaitu WNI, pekerja penerima upah, tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020, upah di bawah Rp5 juta, dan memiliki rekening aktif.

2. BLT UMKM BPUM

Hingga akhir tahun, Kemenkop UKM masih menyalurkan BLT UMKM BPUM kepada masyarakat berstatus pengusaha mikro, kecil, dan menengah yang tengah menjalankan usaha produktif di masa pandemi Covid-19.

Untuk memastikan apakah mendapatkan BLT UMKM Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau tidak, bisa login ke situs eform.bri.co.id/bpum dengan menggunakan nomor NIK KTP dan kode verifikasi yang tertera.

Masing-masing pelaku usaha mikro akan menerima transferan dana sebesar Rp2,4 juta yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing.

3. BLT Guru Honorer Kemendikbud

BSU Guru Honorer Kemendikbud akan disalurkan melalui 4 bank di Indonesia yakni Bank BNI, BRI, Mandiri, dan Bank BTN

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan penerima bantuan ini menyasar guru honorer, PTK non PNS yang mendapatkan gaji dibawah Rp5 juta.

Adapun syarat penerima bantuan ini yakni WNI; Berstatus sebagai PTK non-PNS; Terdaftar dan berstatus aktif dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) per 30 Juni 2020; Tidak mendapatkan Bantuan Subsidi Upah/gaji dari Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan sampai dengan 1 Oktober 2020; Tidak sebagai penerima kartu prakerja sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020; dan memiliki penghasilan di bawah Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah) per bulan yang dibuktikan melalui pernyataan dalam Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

4. BLT Guru Honorer Kemenag

BLT Guru Honorer Kemenag merupakan salah satu BLT yang Cair Desember 2020, Bantuan ini akan disalurkan kepada guru non-PNS, rencananya bantuan ini akan cair minggu ini.

Kementerian Agama mulai menyalurkan subsidi gaji BLT guru honorer kepada 636.381 guru non-PNS pada RA/Madrasah dan PAI sekolah umum.

Para guru non PNS ini nantinya akan menerima dana BLT guru honorer sebesar Rp1,8 juta yang ditransfer langsung ke rekening yang bersangkutan. Penyaluran bantuan dibayarkan satu kali untuk 3 bulan, yakni Oktober, November, dan Desember.

Syarat menjadi penerima BLT guru honorer Kemenag adalah guru yang tercatat di Emis, Simpatika, atau SIAGA yang telah direview oleh Itjen Kemenag dan dipadankan dengan data penerima program Pra Kerja dan BSU lainnya melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Tak hanya itu, mereka juga adalah para guru yang telah diverifikasi memenuhi kriteria yakni memiliki NIK KTP, berpenghasilan kurang dari Rp5 juta, serta bukan penerima program Kartu Prakerja atau BLT Subsidi gaji lainnya.

5. Bansos BST PKH

Bantuan sosial tunai (BST) program keluarga harapan yang kemudian disingkat PKH, adalah bantuan pemerintah dari Kementerian Sosial.

Kemensos masih menyalurkan Bansos BST PKH sebesar 300 Ribu rupiah per KK PKH hingga akhir tahun 2020 untuk masyarakat yang menjadi keluarga penerima manfaat (KPM). Bahkan, rencananya BST ini akan diperpanjang pada tahun 2021.

Untuk mendapatkan Bansos BST 300 Ribu rupiah PKH dari Kemensos, masyarakat harus mendaftarkan diri dengan cara mendatangi RT/RW setempat dengan membawa lampiran fotokopi KTP untuk dibuatkan data pembukuan rekening bank Himbara.

6. Token Listrik Gratis atau Subsidi PLN

Pemerintah memberikan bantuan listrik kepada pengguna listrik PLN dengan daya 450 VA dan 900 VA.

Pemerintah memberikan listrik gratis untuk pengguna daya 450 VA dan untuk pengguna daya 900 VA akan diberi diskon sebesar 50%.

Program bantuan tersebut bisa dinikmati setelah melakukan klaim melalui www.pln.co.id, WhatsApp, atau datang langsung ke PLN terdekat. ***

×
Berita Terbaru Update
CLOSE
CLOSE