Kemendikbud sudah memberikan lampu hijau agar kegiatan belajar tatap muka di sekolah bisa kembali dilakukan meski di tengah pandemi COVID-19. Sekolah sudah diperbolehkan buka mulai awal 2021.

Terkait hal itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan ada 785 sekolah di Jabar yang siap menggelar kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Hal itu sesuai dengan arahan dari Kemendikbud.

"Ada 785 sekolah dari 830-an sekolah negeri yang sudah siap untuk melaksanakan tatap muka," kata pria yang akrab disapa Emil itu di Makodam III Siliwangi, Senin (28/12).

Pelajar

Meski begitu, Emil mengatakan protokol kesehatan di sekolah akan diterapkan secara ketat.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Pemprov Jabar Wahyu Mijaya menuturkan, 785 sekolah itu terdiri dari swasta dan negeri. Mulai dari SMA hingga SMK.

"Negeri dan swasta, SMA dan SMK," ucap dia.

Sedangkan Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo menilai angka kesembuhan di Jabar cukup baik berada di angka 83 persen, kasus aktif di angka 15 persen, dan kematian di angka 1,45 persen. Dia berharap angka kasus harian di Jabar bisa terus membaik.

"Secara umum cukup bagus dan kita harapkan lewat upaya pencegahan maka angka kasus harian bisa ditekan," kata Doni.****zs