Sebanyak 493 CPNS tahun 2019 belum bisa bekerja optimal di formasi intansi tujuan sampai menjelang akhir 2020 ini. Pasalnya, SK CPNS masih belum keluar cetak karena masih dalam proses pengusulan NIP. 

"Iya, di kami ada satu dokter dan 2 perawat yang kosong, dan akan di Isi CPNS baru. Jadi jangankan orangnya nongol, SK juga kabarnya belum ada. Artinya ya walaupun di data sudah ada namanya, kita belum tahu orangnya, karena belum datang ke Puskesmas, " Kata Kepala Puskesmas Bayurlor Aceng Alayudin kepada pelitakarawang.com, Rabu (23/12).

Kabid Pengadaan dan pemberhentian ASN BKPSDM Karawang, Taopik Maulana mengatakan, sampai saat ini SK memang belum ada. Yang ngeluh, sebutnya pasti pelamar yang sudah tidak sabar ingin mendapatkan sk cpns. Ia harap CPNS bisa bersabar dan kalau sudah ada pasti dibagikan. Kemudian soal mulai bekerja, sambungnya, 
Misalnya TMT Sk cpns itu 1 Desember 2020, belum tentu juga SK nya sudah terbit dan langsung bekerja. Karena, TMT SK CPNS itu adalah sebagai titik awal yang bersangkutan diangkat sebagai cpns, kemudian cpns itu kapan mulai bekerjanya akan diterbitkan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) oleh masing-masing dinas, "Dan saat ini mereka mulai bekerja dan mendapatkan hak-hak kepegawaiannya, gaji dan tunjangan lainnya, " Katanya.

Sementara alur pengusulan NIP sebut Opik, tahapannya antara lain, pelamar menyampaikan berkas yang diminta oleh pemda, kemudian Pemda melakukan verifikasi validasi, apabila dinyatakan lengkap dikirim ke BKN. Baru BKN memverval kembali usulan dari pemda, apabila dinyatakan lengkap, akan terbit persetujuan teknis sk cpns untuk selanjutnya Pemda mencetak sk cpns yang ditandatangani bupati. "Alur pengusulan NIP juga masih proses, Pemda mencetak SK CPNS setelah dinyatakan lengkap oleh BKN setelah berkas di verifikasi, " Katanya.

CPNS

Sekretaris BKPSDM Karawang, Jajang Jaenudin mengatakan, 493 CPNS 2019 itu bekerja setelah ada SK. Dan sepanjanh yang ia ketahui, bahwa penetapan NIP nya masih on proses dan menunggu kelas semua. "Iya, kerja setelah ada SK, sekarang masih on proses penetapan NIP, " Katanya. (Rd)